Pemberdayaan UMKM Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Gunung Mas

KUALA KURUN,CanalBerita – Semakin banyak masyarakat yang merasakan dampak dari berbagai musibah dan peristiwa dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu, perhatian dari pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat sekarang menjadi hal yang sangat dibutuhkan, terutama dari sisi perekonomian.

Terkait hal tersebut, Anggota DPRD Gunung Mas Nomi Aprilia, menyarankan, bahwa pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat memberikan peluang pekerjaan kepada masyarakat dan meningkatkan perekonomian mereka.

“Dengan memberikan perhatian pada masyarakat dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, bisa dipastikan bahwa taraf hidup masyarakat akan meningkat,”ungkap Nomi Aprilia, Rabu 3 April 2024.

Untuk mencapai tujuan tersebut kata dia, pemerintah tidak dapat melakukan hal sendirian. Seluruh komponen masyarakat harus bekerja sama dalam membangun kesejahteraan dan mencegah dampak buruk terhadap sektor ekonomi.

“Pelatihan-pelatihan UMKM sangat penting untuk dilakukan dan efektif untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, pemerintah harus memberikan bimbingan kepada masyarakat saat mengikuti pelatihan, agar masyarakat benar-benar mengerti apa yang diajarkan selama pelatihan,”bebernya.

Legislator dari Partai PDI Perjuangan ini menyebutkan, dalam menyelenggarakan pelatihan UMKM, pemerintah tidak boleh berhenti hanya pada tahapan pelatihan, melainkan harus memberikan kelanjutan atau tindak lanjut dalam bentuk bimbingan agar pelatihan yang diberikan dapat diaplikasikan secara maksimal ketika menjadi usaha.

“Maka dengan demikian, akan jauh lebih mudah bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka dan meningkatkan perekonomian mereka sendiri,”sebutnya.

Penulis: cnb1/adv
Editor: alfrid u gara