Polie L Mihing: Pelaku UMKM di Gunung Mas Perlu Pembinaan Ekstra

KUALA KURUN,CanalBerita– Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Gunung Mas merupakan hal yang penting dilakukan. Selain dapat memberikan keuntungan bagi pemiliknya, UMKM juga mampu membuka lapangan pekerjaan serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Pembinaan bagi pelaku usaha atau UMKM di daerah ini sangatlah penting. Dengan adanya pembinaan itu, peluang usaha dapat terserap dan diberdayakan sehingga membuka peluang usaha masyarakat lokal,”ungkap Anggota DPRD Gunung Mas Polie L Mihing, Rabu 17 April 2024.

Disebutkannya, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) juga menjadi hal yang tidak kalah penting bagi pengembangan UMKM. Sebab, SDM yang berkualitas dapat menunjang pengembangan SDA secara tidak langsung.

“Saya berharap, para pengusaha senantiasa dapat memberikan kontribusi bagi daerah Kabupaten Gunung Mas melalui peningkatan SDM para pelaku industri kecil,”bebernya.

Tidak dapat dipungkiri kata dia, Kabupaten Gunung Mas memiliki potensi SDA yang besar dan beragam, mulai dari bidang kuliner hingga kerajinan tangan. Namun, masih banyak potensi SDA yang belum terserap secara maksimal.

Maka dengan demikian sambung dia, diperlukan upaya yang lebih serius dan terstruktur dalam pengembangan UMKM di wilayah Kabupaten Gunung Mas

“Tantangan dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Gunung Mas memang tidaklah sedikit. Salah satu diantaranya adalah terkait dengan persaingan yang semakin ketat, baik dari pelaku usaha lokal maupun nasional. Selain itu, keterbatasan modal dan akses pendanaan juga menjadi kendala bagi perkembangan UMKM di daerah ini,”sebutannya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya kerjasama antara pemerintah daerah, para pengusaha, serta pelaku usaha lokal, dapat mengatasi berbagai tantangan yang ada. Dengan demikian, pengembangan UMKM di Kabupaten Gunung Mas dapat berjalan secara berkelanjutan serta memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat dan ekonomi daerah.

“Untuk mencapai itu semua, diperlukan pembinaan, pelatihan, serta pemberian modal dan akses pendanaan yang cukup menjadi kunci sukses bagi pengembangan UMKM di Kabupaten Gunung Mas. Dengan adanya upaya itu, peluang usaha dapat terserap maksimal sehingga membuka lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,”tutupnya Polie L Mihing.

Penulis: adv/cnb1
Editor: alfrid u gara