Ustaz Achmad Zuhdi Ajak Jamaah Pengajian Tingkatkan Kualitas Puasa

PALANGKA RAYA,CanalBerita–Keluarga besar Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Pengajian Ramadan 1445 Hijriyah dan buka puasa bersama di Palangka Raya, Kamis , 14 Maret 2024.

Kegiatan tersebut menghadirkan Ketua Majelis Tarjih PWM Provinsi Jawa Timur Ustaz Dr H Achmad Zuhdi sebagai penceramah. Achmad Zuhdi dalam tauziyahnya mengajak seluruh kaum muslimin untuk mensyukuri nikmat bertemu kembali dengan Ramadan tahun ini.

“Kita wajib bersyukur dengan datangnya Bulan Ramadan ini. Wujud syukur itu adalah mengisinya dengan melakukan sebanyak-banyaknya amal ibadah,” terang Zuhdi.

Tahapan Pilkada 2024

Ulama yang pernah bertugas di bidang pembinaan Da’i Transmigrasi di lingkungan Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Kalteng pada 1992 hingga 2000 tersebut menjelaskan, terdapat beberapa ibadah yang dianjurkan dan dicontohkan Nabi Muhammad SAW di Bulan Ramadan.

Pertama, papar Zuhdi, tentu saja berpuasa Ramadan sebagai kewajiban bagi setiap kaum muslimin. Dalam hal ini, Dia mengajak ratusan jamaah yang hadir untuk meningkatkan kualitas puasa, dari kategori puasa zahir berupa menahan diri dari makan minum ke puasa sejati.

Pada kategori puasa ini, batin juga dipuasakan dari hal-hal yang mengurangi nilai puasa itu sendiri. Keutamaan puasa sejati ini, pertama menumbuhkan sikap murakabah, yaitu merasa selalu diawasi Allah. Kedua, meningkatkan kesehatan.

“Dari penelitian di Jepang, orang puasa tentunya akan lapar, tubuh seharusnya butuh asupan. Karena puasa, maka sel sehat dalam tubuh akan memakan sel yang rusak sehingga tubuh bersih,” sebut Zuhdi.

Anjuran amalan Ramadan berikutnya adalah memperbanyak bersedekah. “Nabi Muhammad SAW semakin dermawan di Bulan Ramadan,” ujarnya.

Amalan selanjutnya adalah memperbanyak i’tikaf di masjid, meningkatkan ibadah di malam Lailatul Qadar yang mungkin hadir terutama pada malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadan, serta melakukan umrah bagi mereka yang berkemampuan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Darul Arqam Palangka Raya ini juga dihadiri Ketua PWM Provinsi Kalteng Prof Dr H Ahmad Syar’i MPd dan jajaran pengurus, petinggi Dewan Penasehat dan Pembina seperti Ir H Achmad Diran, Ir H Abdul Razak, dan sejumlah tokoh Muhammadiyah lainnya.

Hadir pula petinggi Korem 102/Pjg, Polda Kalteng, Kejaksaan Tinggi Kalteng, Kanwil Kementerian Agama Kalteng, dan undangan lainnya.

Penulis: adv
Editor: alfrid u gara