Nama-nama yang Digadang Maju Pilgub Kalteng 2024, Dua Nama Mewakili Kalangan Muda

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Usai Pemilu 2024 sudah terlihat suara individu dari para Caleg yang meraup suara besar.  Beberapa nama Caleg yang meraup suara besar itu mulai digadang-gadang sebagai calon Gubenur atau Wakil Gubenur Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dari PDI Perjuangan ada sederet nama yang berpeluang maju. Semuanya adalah kader partai, pertama ada nama Agustiar Sabran yang sekarang ini menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2019-2024 dan berpeluang terpilih kembali untuk periode 2024-2029 dengan meraih suara sebanyak 97.772 suara.

Masih dari partai berlambang banteng moncong putih dalam lingkaran itu, muncul juga nama Willy Midel Yoseph yang sekarang ini Anggota DPR RI dan mantan Bupati Murung Raya dua periode.

Selain itu ada nama Supian Hadi, Politisi PDI Perjuangan yang meniti karier dari tingkat pengurus anak cabang (PAC) PDI Perjuangan hingga mengantarkan dirinya menjadi Bupati Kotawaringin Timur dua periode dan Sigit K Yunianto yang saat ini menjabat Skretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah.

Sementara itu, dari Partai Golkar yang akan maju sebagai bakal calon Gubernur muncul satu nama, yakni H Abdul Razak. Kepastian tersebut telah ditegaskan Ketua DPD Partai Golkar Kalteng H Ruslan AS, Golkar akan mencalonkan H Abdul Razak untuk maju di Pilgub Kalteng mendatang.

Sedangkan dari Partai Demokrat ada nama H Nadalsyah atau akrap disapa Koyem. Berdasarkan pernyataan dari Bendahara Partai Demokrat Kalteng, Hatir Sata Tarigan menegaskan, surat penugasan tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

“Ya benar, Pak H Koyem sudah mendapat surat tugas dari Ketum Partai Demokrat, sehingga kami sebagai kader partai sepakat mendukung beliau untuk bertarung sebagai Gubernur Kalteng dalam Pilgub Kalteng 2024 mendatang,” tegasnya pada Selasa, 12 Maret 2024.

Politisi Partai Demokrat yang berpeluang terpilih sebagai Anggota DPR RI periode 2024-2029 dengan raihan suara 92.311 ini dianggap cocok sebagai bakal calon Wakil Gubenur Kalimantan Tengah berpasangan dengan bakal calon Gubenur Kalimantan Tengah H Abdul Razak dari Partai Golkar.

Dari kalangan muda muncul nama Muhammad Syauqie dan Andina Narang. Muhammad Syauqie merupakan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Andina Theresia Narang merupakan Politisi Partai Nasdem.

Sebelumnya, pengamat Politik UPR Suprayitno menilai, pasangan Muhammad Syauqie dan Andina Narang cocok untuk diusung dalam Pilkada Kalimantan Tengah mendatang. Karena keduanya merupakan representasi pasangan Teras-Diran sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005 hingga 2015.

“Saya juga meyakini ini adalah pasangan ideal. Keduanya membawa nama besar keluarganya. Syauqi yang merupakan keponakan Mantan rektor UPR Prof. Ali Hasmi dan juga menantu Achmad Diran,” jelas Suprayitno, dikutip camalberita.com dari tribunkalteng.com.

Seperti diketahui, Muhammad Syauqie merupakan menantu dari mantan Wakil Gubenur Kalimantan Tengah Achmad Diran sementara Andina Theresia Narang merupakan keponakan dari Agustin Teras Narang yang ini menjabat Anggota DPD RI.

Pasangan Muhammad Syauqie dan Andina Narang ini tidak saja merepresentasi Teras-Diran, keduanya keduanya dianggap kuat karena memiliki basis massa pendukung masing-masing sebagai Calon Anggota DPR RI periode 2024-2029.

Berdasarkan hasil Pemilu 2024, keduanya memperoleh suara individu dari masyarakat Kalimantan Tengah cukup tinggi dan dipastikan lolos ke senayan, Muhammad Syauqie memperoleh 106.516 suara, sedangkan Andina berhasil memperoleh 41.298.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara