Wiyatno dan Ina Daftar sebagai Bacabup Kapuas dan Bacabup Barito Selatan di PDI Perjuangan

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Dua kader terbaik partai berlambang ‘banteng moncong putih dalam lingkaran’, Wiyatno dan  Ina Prayawati resmi mendaftar di PDI Perjuangan  sebagai Bakal Calon Bupati atau Bacabup Kapuas dan Bacbup Barito Selatan.

Berkas pendaftaran Wiyatno dan Ina Prayawati diterima langsung oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng Sigit Karyawan Yunianto di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Kalteng Jalan Ir Soekarno  pada hari ini, 16 April 2024.

Sebelum pendaftaran di tutup, PDI Perjuangan masih membuka kesempatan bagi kader internal maupun dari luar PDI Perjuangan mendaftar sebagai Bacalon Kepala Daerah di  daerah lainnya di Kalteng dan diharapkan akan segera menyusul.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng Sigit Karyawan Yunianto mengatakan,  Wiyatno dan Ina Prayawati merupakan kader PDI Perjuangan Kalteng yang berani maju sebagai Bacalon kepala daerah di Kabupaten Kapuas dan Barito Selatan.

“Keputusan mereka untuk mendaftar sebagai Bacalon Bupati menunjukkan komitmen dan dedikasi mereka terhadap partai dan keinginan untuk membangun daerahnya,” ungkap yang juga Ketua DPRD Kota Palangka Raya ini.

Lebih lanjut Sigit Karyawan Yunianto mengatakan, keputusan Wiyatno dan Ina Prayawati mendaftar sebagai Bacalon Bupati Kapuas dan Barito Selatan menandai langkah awal dalam proses pemilihan kepala daerah di dua kabupaten di wilayah Kalteng.

“Proses seleksi dan penjaringan calon bupati masih akan dilakukan oleh PDIP Kalteng, dan hasilnya akan diumumkan dalam waktu yang akan datang,” pungkasnya.

Seperti diketahui,  DPD PDI Perjuangan Kalteng telah membuka  pendaftaran calon kepala daerah yang dimulai sejak tanggal 1 April hingga Mei 2024 mendatang.

Menurut Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteg Sigit Karyawan Yunianto, hal tersebut sesuai dengan Surat DPP Nomor 6027 tahun 2024 tentang penjaringan bakal calon atau Bacalon kepala daerah dalam Pilkada 2024.

“Pendaftaran bakal calon kepala daerah baik tingkat provinsi atau tingkat kabupaten/kota dapat dilakukan di DPD PDIP Kalteng atau DPC PDI Perjuangan di wilayah masing-masing,” jelas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng Sigit K Yunianto pada Rabu, 3 April 2024.

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, pendaftaran penjaringan Bacalon kepala daerah juga dibuka peluang untuk calon dari luar atau eksternal yang merupakan figur atau tokoh masyarakat, termasuk kader partai lain, namun tetap dengan mekanisme yang harus dilalui.

“Bacalon yang mendaftar nantinya akan mengikuti  fit and proper test. Bahkan bisa melakukan survei untuk mendalami figur atau tokoh yang sudah mendaftar untuk mengetahui peta kekuatan masing-masing figur,” ucapnya.

 

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara