Orangutan Masuk Bandara Haji Asan Sampit Sudah Diselamatkan Petugas

SAMPIT,CanalBerita-Satu individu orangutan yang masuk di Bandara Haji Asan Sampit, Kotawaringin Timur akhirnya berhasil diselamatka oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah atau BKSDA Kalteng bersama Yayasan Orangutan Foundation International  atau OFI dan dibantu pihak pengamanan Bandara H Asan Sampit, Manggala Angni serta Komunitas Pecinta Reptil pada Jumat, 26 April 2024 malam.

Orangutan dengan jenis kelamin jantan yang diperkirakan berusia 30 tahun dengan berat 82,6 kilogram tersebut pertama kali terlihat di kawasan bandara pada 18-19 April 2024 dan pada Jumat siang sekitar pukul 11.00 WIB tersebut kembali terlihat berkeliaran di kawasan bandara dan akhirnya berhasil diselamatkan pada sekitar pukul 20.30 WIB setelah mendapat tembakan bius ke tubuh primata dilindungi itu.

Menurut Komandan BKSDA Resort Sampit Muriansyah berdasarkan hasil pemeriksaan dokter Orangutan tersebut berjenis kelamin jantan yang diperkirakan berusia 30 tahun dengan berat 82,6 kilogram. “Berdasarkan keterangan dokter di jari-jari ditemukan luka, diduga kuat berkelahi dengan orangutan jantan lainnya,” ujar Muriansyah.

Muriansyah menduga, orangutan masuk kawasan bandara untuk mencari makan karena di sebelah barat Bandara H Asan Sampit terdapat kebun buah milik warga. “Dulu juga pernah ada kemunculan orangutan setelah kebakaran sekitar tahun 2015, posisinya bukan di sini tapi di wilayah asal orangutan masuk. Kalau tepat di Bandara baru pertama kali muncul ini,” jelasnya.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara