Ruas Jalan Palangka Raya-Kuala Kurun Rusak Parah, Willy Midel Yoseph: Kalau Pemerintah Daerah Tidak Mampu Memperbaiki, Lapor Pemerintah Pusat

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Tingginya mobilitas angkutan perusahaan besar swasta atau PBS melebihi tonase berdampak besar terhadap kerusakan ruas jalan Palangka Raya-Kuala Kurun, Kalimantan Tengah. Namun hingga saat ini pihak yang bertanggungjawab, dalam hal ini pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah belum mampu melakukan perbaikan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR RI Daerah Pemilihan atau Dapil Kalimantan Tengah Willy Midel Yoseph berharap ada tindakan atau langkah dari pemerintah daerah dalam upaya perbaikan dengan meminta dukungan dari pemerintah pusat.

“Jangan sampai, tidak ada langkah sama sekali yang dilakukan pemerintah, sementara masyarakat yang merasakan dampaknya,” kata Willy Yoseph, dikutip canalberita.com dari tabengan.co.id, Minggu 12 Maret 2023.

“Temui pemerintah pusat, sampaikan kondisinya ke pemerintah pusat, sehingga pemerintah pusat dapat memberikan penilaian, dan langkah yang akan ditempuh. Selama ada komunikasi yang baik antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat, tentu ada dukungan yang akan diberikan oleh pemerintah pusat,” timpalnya.

Mengapa hal ini dikritisi, kata Willy Yoseph, sebab untuk menemui masyarakat yang ada di Kabupaten Gunung Mas, maka jalur itu yang harus dilalui. Waktu yang ditempuh untuk menuju Kabupaten Gunung Mas cukup lama. Hal ini tentu sangat dirasakan oleh masyarakat yang kesehariannya menggunakan jalur itu.

Tidak saja masalah jalan yang rusak, ungkap Willy Yoseph, pemerintah daerah juga seharusnya melakukan pengaturan terhadap lalu lintas di jalur itu. Lembaga-lembaga terkait dapat dilibatkan, sehingga jalan yang rusak tetap dapat dilalui dengan pengaturan lalu lintas yang mumpuni.

 

Editor: alfrid U. gara