Cegah Genangan Air, Wakil Rakyat Ajak Warga Kerja Bakti Bersihkan Drainase dari Sampah

PALANGKA RAYA,CanalBeritaHhujan sedang hingga lebat masih terjadi di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah. Akibatnya  dapat menimbulkan bencana, salah satunya genangan air  seperti yang terjadi  di Kota Palangka Raya dalam beberapa hari terakhir ini.

Guna mencegah genangan air tersebut, Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie Adriati Lambung mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya  melakukan kerja bakti membersihkan di lingkungannya masing-masing.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, membersihkan lingkungan selain bertujuan untuk menjaga keindahan dan kebersihan komplek, juga  untuk mencegah terjadinya genangan air yang disebabkan oleh sampah yang menyumbat drainase.

“Ingat saat ini Kota Palangka Raya masih sering di guyur hujan dengan intensitas tinggi dan juga deras, jadi masyarakat jangan lengah untuk menjaga kebersihan drainase, agar apabila terjadi hujan drainase dapat berfungsi secara optimal,” Katanya, Minggu, 12 Maret 2023.

Lebih lanjut, wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengungkapkan, selain drainase, masyarakat juga harus memperhatikan kondisi parit dan pengaringan sekitar.

Apakah berfungsi dengan baik ataukah tersumbat akibat adanya sampah, apabila ada sampah-sampah di drainase, masyarakat juga bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi teknisnya untuk melakukan giat pembersihan.

“Ingat jangan buang sampah sembarang, karena dapat menyebabkan pemukiman dapat tergenang air akibat drainase yang tidak optimal dan tidak berfungsi dengan baik, ayo masyarakat mari kita semarakkan lagi gotong royong,” pungkasnya.

Editor: alfrid u.gara