Dreiyano: KOPPAD Borneo Kalteng Dukung Eksistensi BAKORMAD MADN

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Sebagai organisasi adat Dayak yang diakui Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),  keberadaan dan eksistensi Majelis Adat Dayak Nasional atau MADN  mendapat dukungan dari Komando Pengawal Pusaka Adat Dayak Borneo atau KOPPAD Borneo Resort Provinsi Kalimantan Tengah atau Kalteng.

Komandan Resort KOPPAD Borneo Kalteng-Dreiyano L. Lindan, SP mengatakan, MADN sebagai organisasi adat Dayak tertinggi di Indonesia telah mampu mengkoordinir semua Dewan Adat Dayak atau DAD di ibukota negara dan seluruh Kalimantan.  “Selain tata kelola atau manajemen administrasi dan pelaksanaan hukum adat yang kuat, diharapkan juga memiliki kekuatan koordinasi di lapangan dengan pasukan khusus adat sebagai pengawal dan pengaman semua keputusan penting MADN nantinya,” katanya, Senin, 27 Maret 2023.

Lebih lanjut Dreiyano L. Lindan yang akrab disapa Dreiy ini mengungkapkan, keputusan MADN membentuk Badan Komando Laskar Masyarakat Adat Dayak atau BAKORMAD sebagai pasukan khusus untuk mengawal kegiatan dan melaksanakan tugas dan fungsi serta penerapan kebijakan MADN adalah keputusan yang tepat dan KOPPAD Borneo Resort Kalteng bersama Ormas lainnya tanpa ragu-ragu bergabung di BAKORMAD.

Wartawan senior yang menjabat Wakil Panglima BAKORMAD Nasional   yang juga sebagai aktivis pelestarian Seni Budaya Dayak khususnya Beladiri Tradisional Kuntau Dayak dengan status sebagai Pelatih/Juri Nasional Pencak Silat Seni Festival Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) mengharapkan, keberadaan BAKORMAD kedepan khususnya di Kalimantan Tengah bisa terbentuk tidak saja di tingkat kabupaten/kota tetapi juga di tingkat kecamatan hingga desa.

“Diharapkan Pasus BAKORMAD Nasional diharapkan nantinya sebagai kekuatan dan ketahanan masyarakat adat Dayak hingga di pedesaan dan kita sendiri khususnya dari KOPPAD Borneo Resort Kalteng dengan Markas Pusat di Balikpapan, sangat mendukung keberadaan BAKORMAD, Dimana untuk tahap pertama ini, beberapa regu pasukan Satgas kita juga sudah turut bergabung di Kepengurusan Pusat. Untuk selanjutnya di kepengurusan wilayah provinsi dan kabupaten/kota kita juga siap,” harapnya.

Sekedar diketahui Komandan Resort KOPPAD Borneo, Dreiyano L. Lindan, SP yang juga asli Dayak Ma’anyan kelahiran Barito Selatan ini, pada pelantikan BAKORMAD Nasional di Balikpapan bulan Oktober 2022 lalu ditetapkan melalui Surat Keputusan MADN sebagai Wakil Panglima Eksternal bersama Bambang Irawan,SP sebagai Wakil Panglima Internal mendampingi Panglima Cornelis Nalau Anton, SE, MM dan Komandan Pasus BAKORMAD Nasional Ir. Getris S. Djimat.

Penulis: cnb2
Editor: Alfrid U. Gara