Nilai Pasar Oleokimia di Turki Diperkirakan Tumbuh Hingga Mencapai US$ 1,5 M Pada Tahun 2025

JAKARTA,CanalBerita –Hakan Alkan dari Malaysian Palm Oil Council (MPOC) mencatat, pasar oleokimia berbasis minyak nabati di Negara Turki diperkirakan bernilai lebih dari US$ 1 miliar.

Dari nilai tersebut, sebanyak 65% sampai 70% oleokimia berbasis minyak nabati diimpor, sementara sisanya diproduksi di dalam negeri dengan kontribusi investor asing.

Hakan Alkan memperkirakan, nilai pasar oleokimia di Turki bakal terus tumbuh hingga mencapai US$ 1,5 miliar pada tahun 2025, pertumbuhan pasar didukung oleh berkembangnya industri perawatan pribadi dan makanan, meningkatnya konsumerisme.

Secara umum, pasar oleokimia Turki didominasi oleh produk fatty acid karena ketersediaan bahan baku yang mudah, seperti minyak nabati dari sawit ditambah dengan kebiasaan yang berkembang untuk produk perawatan pribadi berbasis organik di seluruh negeri.

Di Turki, oleokimia digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pembuatan sabun & deterjen, produk perawatan pribadi, kosmetik, pelumas, dan juga digunakan dalam obat-obatan; dan makanan dan minuman.  Sebab itu, permintaan oleokimia meningkat didorong oleh melonjaknya kebutuhan dari industri pengguna akhir.

Termasuk karena bertumbuhnya aplikasi konsumen serta adanya pergeseran penggunaan bahan baku berbasis minyak bumi dengan bahan baku yang lebih ramah lingkungan, turut mendorong pasar oleokimia Turki berkembang yang diperkirakan akan terus terjadi hingga tahun 2025 yang akan datang.

Sumber: Infosawit.com
Editor: Alfrid U. Gara