Pengembangan Budaya Lokal Harus Ditingkatkan

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mendorong kepada Pemerintah Daerah melalui pihak-pihak terkaitnya agar bisa memaksimalkan peningkatan pengembangan budaya lokal di wilayah setempat.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengatakan, berdasarkan kunjungan kerja serta reses di beberapa desa yang ada di Bumi Gawi Hatantiring dibeberapa waktu sebelumnya, pengembangan budaya lokal masih perlu perhatian khususnya di kalangan anak usia dini atau generasi muda.

Menurutnya, ditengah perkembangan atau kemajuan zaman saat ini, pengembangan budaya lokal tentunya memiliki kesulitan tersendiri dan harus melalui inovasi-inovasi yang mampu mendongkrak pengembangan tersebut.

Ia mengatakan, pengembangan budaya lokal ini salah satunya juga meliputi menghidupkan kembali nilai-nilai sejarah daerah, baik itu pahlawan maupun sejarah dari awal keberadaan Kabupaten Seruyan.

“Ditengah kemajuan zaman seperti saat ini, tentu ada tantangan-tantangan tersendiri dalam membangkitan dan menghidupkan kembali nilai-nilai kebudayaan dan sejarah daerah, makanya harus ada inovasi untuk hal tersebut,” katanya, Rabu, 19 Oktober 2022.

Politisi PDI-P ini menjelaskan, dengan menghidupkan nilai-nilai sejarah daerah, tentunya akan sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi para generasi muda dan memperkuat identitas daerah itu sendiri.

Sehingga demikian, akan sangat diperlukan peran dari pihak-pihak terkait serta seluruh lapisan masyarakat khususnya para generasi muda untuk menggali dan membudayakan kembali budaya-budaya daerah serta nilai sejarah supaya tidak luntur oleh kemajuan zaman.

“Kalau bisa itu dimasukkan ke dalam mata pelajaran sekolah, seperti pengembangan budaya lokal maupun pelajaran sejarah tentang Kabupaten Seruyan, supaya nantinya itu bisa terus dilestarikan turun temurun,” ungkapnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan beritasampit.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, 
grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab beritasampit.co.id.