Pabrik CPO PT Agrindo Sawit Mandiri Diduga Buang Limbah ke Sungai

SAMPIT,Canal Berita – PT Agrindo Sawit Mandiri diduga dengan sengaja membuang limbah pabrik pengolahan minyak sawit mentah  atau Crude Palm Oil/CPO ke sungai.

Aksi perusahaan yang berada di ruas Jalan Sudirman Kilometer 108 Sampit-Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah itu terekam dalam video.

Dalam rekaman video tersebut, tampak sebuah alat berat sedang melakukan aktivitas  membuka tanggul kolam yang diduga berisi limbah.

Aktivitas tersebut dilakukan pada malam hari yang ketika itu sedang turun hujan, sehingga kolam penuh dan tanggul kolam sengaja di jebol dan limbah dialirkan ke sungai sekitar pabrik.

“Kalau saya melihat ini adalah limbah yang dibuang karena kolam penampungannya penuh ditambah hari hujan waktu malam hari, makanya malam itu juga tanggul kolam itu sepertinya dijebol,” ujar salah seorang warga yang tidak bersedia namanya ditulis.

Seraya menimpali  pembicaraannya. “Baru saja itu kejadiannya 1-2 hari ini saja, makanya warga di sana khawatir kalau-kalau menyebabkan dampak kepada kesehatan dan ekosistem di sungai tempat pembuangannya,” ucapnya, sebagaimana dilansir dari Berita Sampit.

Sementara itu, pihak PT Agrindo Sawit Mandiri yang diwakili oleh Edi Ananta denga tegas membantah perusahaannya membuak limbah.

Menurutnya, apa yang mereka buang dari kolam tersebut bukanlah limbah pabrik CPO. “Itu bukan limbah pak, atau lebih mau jelas silakan kekantor dan ke lokasi,” kata Edi.

Edi menegaskan cairan mirip limbah yang ada di video tersebut sejatinya adalah air dari kolam antisipasi. “Itu dari kolam antisipasi bukan limbah. Itu tidak berbahaya karena kami ada pengecekan baku mutu airnya, dan kolam antisipasi ini adalah air hujan,” katanya.

(CNB/Jmy/BS)