Komisi A DPRD Palangka Harapkan Pemilu 2024 Berjalan Lancar

PALANGKA RAYA,Canal Berita-Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia atau KPU RI resmi membuka tahapan pemilihan umum atau Pemilu  2024 sejak Juni 2022 lalu.

DPR RI bersama pemerintah pusat dan penyelenggara Pemilu  telah menyepakati besaran dana pelaksanaan Pemilu 2024, yakni Rp76,6 triliun.

Meskipun dana berasal dari APBN, bukan berarti pemerintah daerah tidak mengeluarkan dana. Menurut Ketua Komisi A DPRD Palangka Raya, Subandi untuk menghadapi Pemilu 2024, pemerintah daerah menganggarkan untuk dana penunjang.

“Kalau untuk penyelenggaranya yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), tentu sebagian besar anggaran dari pemerintah pusat,” ungkapnya, kemarin di Palangka Raya.

Dikatakan Subandi, secara umum pemerintah daerah hanya bersifat menunjang melalui OPD terkaitnya. Terutama dalam rangka mendukung Pileg dan pilpres di Pemilu 2024.

Terlepas dari itu kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Palangka Raya ini berharap, pelaksanaan  tahapan Pemilu dapat berjalan lancar.

“Tentu harapan kita pemilu 2024 dapat berjalan dengan maksimal dan sukses,” bebernya.

Sekedar diketahui, Pemilu 2024 akan diselenggarakan pada bulan Februari 2024. Sedangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) digelar tanggal 27 November 2024.

(CNB/K-1)