Fairid Minta Dinas Terkait Cepat Tangani Genangan Air di Pemukiman

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Belakangan ini Kota Palangka Raya sering terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi, sehingga tidak sedikit lokasi jalan yang berlobang tergenang air.

Melihat hal tersebut, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin dengan sigap dan cepat memberikan instruksi kepada perangkat daerah terkait untuk melakukan penanganan jangka pendek di pemukiman penduduk.

Disampaikan Wali Kota, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pendataan terhadap kawasan pemukiman masyarakat yang rawan tergenang air. Terutama rawan saat hujan deras terjadi.

“Sekarang ini rutin dari instasi terkait melakukan perawatan atau pembersihan drainase, serta mengkondisikan arah aliran air agar mudah mengalir,” ucap Fairid, belum lama ini.

Disampaikan orang nomor satu di Kota Palangka Raya ini, memang sejumlah jalan di Kota Palangka Raya banyak tergenang air saat terjadi hujan deras turun, namun tidak begitu lama hujan reda kondisi mulai kering.

Ia menyampaikan, Pemerintah Kota Palangka Raya juga akan melakukan evaluasi terhadap faktor-faktor yang memicu genangan air guna menemukan solusi cepat.

“Dari hasil pemantauan selama ini, faktor yang memicu genangan air adalah adanya sedimentasi lumpur yang diakibatkan sampah-sampah, sehingga menyebabkan pendangkalan drainase,” tuturnya.

Dengan begitu, dirinya mengajak masyarakat untuk menciptakan hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Selain menyebabkan banjir, sampah juga sumber dari berbagai penyakit. Ayo kita buang sampah pada tempat yang sudah disediakan,” tutupnya. (CNB)