Rekam Jejak Paliansyah, Teman Sejawat Bupati Kotim Hingga Purna Tugas

SAMPIT, Canal Berita — Mengawali karirnya 1 Maret 1986, Paliansyah masih berstatus calon pegawai (Capeg) bertugas di Kantor Kecamatan Marikit di Tumbang Hiran, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) setelah pemekaran menjadi Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng). Mengabdi kurang lebih 1 tahun 1987 diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Tahun 1990 saya hijrah ke Sampit, waktu itu saya menjabat sebagai Kepala Seksi Kemasyarakatan di Kantor Kecamatan Kota Besi, Kotim, Kalteng,” ucap Paliansyah ketika memulai perbincangan dengan wartawan media siber beritasampit.co.id, sebelum pelepasan purna tugas di halaman kantor Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kotim, Kalteng, Senin 1 Agustus 2022.

Membutuhkan waktu sekitar 5 tahun mengabdikan diri di Kecamatan Kota Besi, Paliansyah kemudian dimutasi ke Dispenda Kotim. Bertugas selama 3 tahun setelahnya itu, pria kelahiran Palangkaraya ini dinobatkan sebagai Lurah Baamang Hulu.

Menjabat Lurah Baamang Hulu ini hanya setahun, kemudian saya dimutasi ke Dinas Ketertiban dan Kesatuan Bangsa sekarang (Badan Kesbangpol Kotim) menjabat sebagai Kepala Seksi Ketertiban Umum,” ujar Paliansyah waktu itu mengenakan baju batik.

Setelah menjabat Kepala Seksi Ketertiban Umum, terhitung 2005-2009 golongan naik menjadi golongan III/d penata tingkat I Kasub Bidang Politik dan Pemilu di Dinas Ketertiban dan Kesatuan Bangsa, Kotim.

Terhitung sejak 2009-2013 dimutasi lagi, jabatannya waktu itu adalah Kepala Seksi Keamanan dan Kebersihan Dinas Pasar,” tegas Paliansyah.

Selanjutnya, tahun 2013-2014 menjabat Nabza pada Dinas Sosial, tenaga kerja dan transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kotim. Setelah kurang lebih setahun di dinas tersebut, terhitung mulai 2013-2015 jabatan Kepala Seksi Unmas Satpol PP Kotim.

Setelah di Satpol PP, mulai 2016 saya menjabat Lurah Tanah Mas, Kecamatan Baamang dan 2017 menjabat Lurah Baamang Barat hingga purna tugas sebagai Lurah Baamang Barat. Tapi, saya juga sempat menjabat Plt Camat Baamang tahun 2020-2021,” imbuhnya.

Ditanya setelah purna tugas, Paliansyah mengungkapkan bahwa dirinya untuk sementara waktu istirahat berkumpul keluarga tercinta. “Masih belum ada rencana mau apa dan rencana kesibukan apa, yang pastinya istirahat kumpul keluarga,” tutupnya.

Pelepasan Purna Tugas Lurah Baamang Barat dihadiri Bupati dan Sekda Kotim beserta Satuan Operasional Perangkat Daerah (SOPD). Dalam sambutannya, Bupati Kotim Halikinnor menyebutkan bahwa mantan Lurah Baamang Barat, Paliansyah adalah teman sejawat.

Mengingat Paliansyah merupakan orang paling ‘spesial’ di hati, Halikin menyapa Paliansyah dengan sebutan nama baru yakni, Friend (teman). Alasannya, menurut Halikin, kenangannya cukup banyak ketika masih sama-sama berjuang hingga diangkat menjadi PNS.

Teman sejawat saya ini memang luar biasa, jabatannya cuma lurah, tapi pelepasan purna tugas langsung oleh bupati, ini beda dengan purna tugas kepala dinas,” ucapnya di hadapan tamu undangan yang hadir pada Pelepasan Purna Tugas Lurah Baamang Barat di halaman kantor kelurahan setempat. (BS/CNB)