Program BPN Gumas Belum Capai Target, Ini Kendalanya

KUALA KURUN, Canal Berita — Capaian program statistik yang di lakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masih kurang maksimal.

Kenapa kegiatan redistribusi tanah ini capaiannya sangat rendah atau kurang maksimal salah satunya kurangnya dukungan dari aparat desa ini sangat rendah,” terang Kepala BPN Kabupaten Gunung Mas, Ferdinan Adinoto pada saat sosialisasi Program Strategis semester I tahun 2022 belum lama ini.

Dijelaskannya, ketika pelaksanaan tahap pertama kegiatan distribusi tanah, BPN targetnya 1500 bidang, akan tetapi realisasinya hanya 502 bidang, dan ketika tim dari BPN datang untuk melaksanakan pengukuran atau berkordinasi dengan aparat desa.

Ketika kita datang misalnya ke rumah aparat  desanya katanya barusan keluar, kami menunggu dan aparat desanya enggak pulang-pulang, belum lagi dengan masalah sinyal dan lain sebagainya, ke siapa kami ini berkoordinasi kalau aparat desanya aja tidak mendukung program ini, “tuturnya

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, terkait hal tersebut, BPN sudah melakukan menyampaikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Gunung Mas pada saat rapat tim pelaksanaan harian gugus tugas Reforma Agraria tahun 2022 beberapa waktu yang lalu.

Kemarin Sekda segera memerintahkan anggotanya untuk menyurati seluruh Camat, kepala desa dan  Lurah untuk mendukung program-program ART BPN terutama dalam rangka kegiatan program strategis nasional,” tutup Ferdinan Adinoto. (BS/CNB)