Betang Muara Teweh di Palangka Raya Terbakar

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Rumah Betang Kabupaten Barito Utara (Barut) Muara Teweh Jalan Sisingamangaraja VI, Kelurahan Palangka, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya ludes terbakar pada Kamis 11 Agustus 2022 sekitar pukul 22.30 WIB.

Kebutulan Rumah Betang atau Rumah Panjang yang didirikan tahun 1997 tersebut dijadikan tempat menginap para Kontingen Liga Santri Perwakilan Kodim 1013/Muara Teweh.

Sebelum terjadi kebakaran, dimana sekitar pukul 19.20 WIB dan seterusnya sempat terjadi pemadalam listrik dua kali. Disaat hari sudah larut malam, penjaga dan santri serta pendampingi terlelap tidur, tiba-tiba terdengar suara ledakan di arah belakang dan disusul kobaran api.

Ibu Wiwi penjaga betang menerangkan, dirinya tidak mengetahui persih seperti apa kejadiannya karena begitu cepat. Dan sewaktu kejadian dirinya bersama keluarga sedang tidur, begitu juga para santri yang ada di bagian atas.

Menurutnya, ia terbangun ketika mendengar terikan minta tolong “tolong-tolong kebakaran”.

“Saya bangun api sudah besar membakar bangunan, saya dan keluarga keburu keluar untuk menyelamatkan diri. Untuk barang baharga hanya sebagian sempat diselamatkan dan yang lainnya habis terbakar,” terang Wiwi kepada awak media ini, Jumat 12 Agustus 2022.

Tampak hanya sisa puing-puing dari kebakaran Betang Barito Utara. (FOTO: HERIYANTO)

Sementara, Achmad Farij Alal Muslimin selalu pendamping Santri mengatakan, kebakaran tersebut kemungkinan karena korsleting listrik dari atas atap belakang, karena api muncul dari bagian atas.

Dan menurutnya, kebetulan waktu itu mereka sedang tidur semua dan ada salah satu santri mencium asap, sehingga terbangun dan lari membangunkan saya dan teman-teman yang lainnya untuk mengamankan barang-barang.

“Kita masih bisa bersyukur tidak kenapa-napa, hanya saja barang beharga lainnya seperti ijazah anak-anak dan kamera serta lainnya tidak sempat terselamatkan. Ada santri kita hanya keluar badan dan pakaian tidak sempat terselamatkan,” terangnya. (CNB1)