Antisipasi Wabah PMK Menjelang Hari Raya Kurban, Polisi Periksa Kendaraan Angkut Hewan Ternak

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Pengawasan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak diperketat jajaran Polresta Palangka Raya, terlebih tidak berapa lama Hari Raya Kurban atau Idul Adha.

Salah satunya dengan memperketat pemeriksaan di sejumlah ruas jalan terutama yang menghubungan Kota Palangka Raya dengan Kota lain di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, yakni Jalan Tjilik Riwut Km 38, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa melalui Kasat Lantas Kompol Feriza Winanda Lubis menjelaskan, kegiatan serangkaian pemeriksaan terhadap kendaraan penganggkut barang khususnya truk dan pick up yang mengangkut hewan ternak.

“Dengan dilakukannya hal tersebut, kami berharap bisa mencegah dan meminimallisir penyebaran wabah PMK yang berpotensi dimulai dari jalur pintu masuk menuju Kota Palangka Raya. Terlebih sekarang ini mendekati Hari Raya Idul Adha, sehingga permintaan hewan ternak meningkat,” ucap Kompol Feriza, Sabtu 2 Juli 2022.

Feriza menambahkan, dari informasi yang dilaporkan oleh personel di lapangan, pihaknya tidak menemukan adanya indikasi kendaraan yang mengangkut hewan ternak terjangkit PMK dan arus lalu lintas juga terpantau lancar serta para pengendara tetap mematuhi tata tertib berlalu lintas.

“Selain pengawasan penyebaran PMK, personel juga mengimbau pengendara untuk selalu mentaati aturan lalu lintas dengan harapan keselamatan tetap terjaga,” tutupnya. (CNB1)