Segera Cari Solusi Atasi Masalah Banjir

Palangka Raya, Canal Berita — Masalah banjir yang sering terjadi di Kota Palangka Raya selalu menjadi sorotan, pasalnya banjir tersebut karena sistem drainase yang masih kurang maksimal. Contohnya saja beberapa waktu lalu, hanya di guyur hujan kurang lebih 7 jam Beberpa ruas jalan sudah terendam dengan cukup parah.

Melihat kondisi tersebut Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, meminta pemerintah segera mencari solusi penanganan yang tepat. Karena masalah ini sudah berlarut-larut sejak lama dan belum mendapat solusi yang tepat.

“Lakukan penanganan serius pada titik-titik rawan banjir genangan, seperti yang selalu menjadi langganan banjir Jalan Tumenggung Tilung dan G.obos. Karena ini pasti akan berdampak lain biala tidak segera di lakukan penangan yang tepat,” ucap Sigit saat dibincangi, Senin (23/5) siang.

Pihaknya dari kalangan dewan hanya memberikan masukan dan saran serta pengawasan sebagaimana fusngsinya. Memang Beberpa solusi sudah di lakukan, salah satunya ialah melebarkan drainase dan mengeruk saluran drainase, namun hal itu sepertinya belum cukup sehingga perlu adanya penanganan lebih.

“Saat ini drainase memang sudah bagus, namun fungsinya masih belum maksimal, buktinya dengan masih terjadi genangan yang cukup parah Beberpa waktu lalu. Inilah yang perlu di pikirkan oleh pemerintah bagaimana solusi tambahannya,” ungkapnya.

Dengan tegas, Politisi PDI perjuangan ini juga meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah pada saluran drainase, karena dampaknya adalah tersubatnya saluran yang menimbulkan air meluap dan membanjiri seluruh jalan tersebut.

“Mari kita sama-sama tingkatkan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, sehingga saluran tidak lagi mampet dan tersumbat. Karena kalau jalan sering tergenang maka masa fungsinya juga akan pendek akibat tergerus air, dan akibatnya rusak kembali,” pungkasnya. (k1)