Wagub Kalteng Sampaikan Intruksi Antisipasi Kelonggaran Saat Ramadhan dan Lebaran

CANALBERITA.COM – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyampaikan Rapat Koordinasi (Rakor), merupakan intruksi lisan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, kepada jajaran pemerintah Kabupaten/Kota terkait Persiapan Menghadapi Bulan Puasa dan Lebaran, antisipasi virus Deltacron, serta percepatan vaksinasi booster di Kalimantan Tengah, hal ini disampaikannya saar berada di Aula Jayang Tingang, Kamis 24 Maret 2022.

Dalam kesempatan itu Edy Pratowo menjelaskan, Rakor ini berkaitan dengan kelonggaran menghadapi Bulan Puasa dan Lebaran. Sehingga karena hal tersebut, kita yang di daerah melakukan antisipasi, agar kelonggaran pada masyarakat tersebut, tetap kita barengi dengan protokol kesehatan (prokes).

Oleh sebab itu, kita dorong daerah yang vaksinasinya di bawah target 70 persen untuk dosis 2, agar cepat dikejar. Karena vaksin dosis 1 dan 2, itu penting karena di penerbangan saja yang di cari itu minimal dosis 2,” ucapnya.

Edy Pratowo menambahkan, menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri, tentunya aktivitas masyarakat akan semakin banyak. Oleh karena itu dibutuhkan kesiapsiagaan, dari semua Kabupaten, dan Kota.

Saya rasa sama seperti tahun lalu, mungkin tahun ini antisipasi akan terus kita waspadai, terutama kebutuhan harga bahan pokok,” jelasnya.

Perlu diketahui, capaian vaksinasi dosis 2, masih terdapat tujuh kabupaten yang capaiannya dibawah 70 persen, yaitu, Kabupaten Katingan (69,46 persen), Kabupaten Kotawaringin Timur (68,67 persen), Kabupaten Barito Selatan (68,44 persen), Kabupaten Barito Utara (67,73 persen), Kabupaten Pulang Pisau (67,06 persen), Kabupaten Murung Raya (66,66 persen), dan Kabupaten Gunung Mas (53,53 persen). (BS/CNB)