Tarik Minat Baca Anak, Ditpolairud Perbaharui Buku Bacaan di Pondok Baca

CANALBERITA.COM – Direktorat Polairud Polda Kalteng terus bergerak membantu pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang tinggal di daerah pesisir. Bahkan mereka juga banyak menyumbang buku-buku baca kepada, khususnya di pelosok daerah.

Pada Kamis 24 Maret 2022 pagi, personel Markas Unit Kuala Jelai menyerahkan buku bacaan dari Kepala Dinas Perpusda Kabupaten Sukamara, Karyono untuk sebagai pembaruan mengganti buku-buku yang sudah usang dan tampak kusam.

Hal tersebut adalah untuk meningkatkan daya tarik anak-anak dalam membaca, karena buka-buka baru. Kecuali bila buku tersebut amat sangat sedang diperlukan dan tidak ada lagi yang bisa menggantikan keutamaannya. Oleh karena itu, kecantikan buku mutlak diperlukan bagi orang-orang yang minat bacanya masih rata-rata.

Tahapan Pilkada 2024

Dirpolairud Polda Kalteng, Kombes Pol Edward Indharmawan Eka Candra melalui Kepala Markas Unit Kuala Jelai Bripka Subriano mengatakan, Pondok Baca Melek Huruf Ditpoalirud Polda Kalteng ini bertujuan untuk memandu masyarakat untuk mulai membentuk situasi dan kondisi yang nyaman untuk meningkatkan minat baca mereka.

Baik dalam ruang lingkup pribadi, katanya, seperti perpustakaan pribadi ataupun dalam ruang lingkup yang lebih luas seperti perpustakaan umum. Rendahnya daya beli buku pada kebanyakan masyarakat masyarakat, akan membuat peran perpustakaan menjadi hal yang amat penting untuk memenuhi kebutuhan informasi.

“Hal ini rutin dilakukan sekitar 6 bulan sekali dalam pembaharuan buku bacaan yang ada di Pondok Baca Melek Huruf Markas Unit Kuala Jelai. Kami sangat mendukung dalam meningkatkan minat baca anak-anak terlebih sekarang ini terjadi pandemic Covid-19 yang menghambat belajar tatap muka anak,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi bobroknya kualitas baca anak-anak dan masyarakat, lanjutnya, sudah seharusnya Ditpolairud Polda Kalteng menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengadaan sumber bacaan dan perbaikan fasilitas perpustakaan seperti Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukamara ini.

“Sehingga kedepannya kita dapat melihat tumbuhnya Sumber Daya Manusia yang unggul,” tutupnya. (CNB1)