Bapemperda DPRD Kalteng Berkomitmen Selesaikan Empat Raperda Inisiatif Dewan

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Wakil Ketua Badan Pembetukan Peraturan Daerah atau Bapemperda DPRD Kalimantan Tengah, Muhajirin memastikan pihaknya berkomitmen menyelesaikan 4 Raperda inisiatif dewan yang telah dibahas bersama eksekutif.

“Kami berkomitmen serius menyelesaikan 4 Raperda inisiatif dewan ini, sebab menurut kami ini penting,” jelas Wakil Ketua Bapemperda DPRD Kalteng, Muhajirin, Rabu, 28 Februari 2024.

Adapun ke-4 buah Raperda tersebut yakni, raperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, Nelayan dan Pembudi Daya Ikan.

Berikutnya, Raperda tentang Pelaksanaan Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas serta Raperda tentang Penyelesaian Sengketa dan Konflik Pertanahan.

Lebih lanjut Muhajirin menjelaskan, dalam upaya pihaknya penyelesaian ke-4 Raperda tersebut, Bapemperda DPRD Kalteng turut menghadiri rapat Fasilitasi Harmonisasi Perancangan Produk Hukum Daerah yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng pada Selasa kemarin, 27 Februari 2024.

“Pada rapat waktu itu kita membahas mengenai 4 Raperda tersebut, saran dan masukan tentu penting dari pihak Kakanwil Kemenkumham dalam pembahasan Raperda ini,” ucapnya.

Muhajirin berharap, saran dan masukan dalam pembahasan 4 buah Raperda tersebut dapat benar-benar bisa menjadi produk atau payung hukum yang bermanfaat bagi semua. “Ini merupakan bentuk sinergi kita dalam membahas sebuah produk hukum. Harapan kita tentu nantinya bisa bermanfaat bagi semua pihak,” tandasnya.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara