Pentingnya Kesiapsiagaan Optimal Dari Seluruh Jajaran Tanggulangi Bencana

PALANGKA RAYA,Canalberita -Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang rentan terjadinya bencana, baik bencana akibat oleh alam, manusia, maupun non alam, seperti kebakaran hutan dan lahan, banjir, angin puting beliung, dan wabah penyakit.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah  Kalimantan Tengah  Nuryakin saat membuka secara resmi Musyawarah Kerja Provinsi  Palang Merah Indonesia atau Mukerprov PMI Kalimantan Tengah Tahun 2023 yang  berlangsung di, Palangka Raya, Sabtu, 15 Desember 2023.

Sebagai daerah yang rawan bencana, menurut Sekda sangat penting adanya kesadaran dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat di wilayah Kalimantan Tengah, termasuk PMI Kalimantan Tengah.

“Saya mengingatkan pentingnya kesiapsiagaan yang optimal dari seluruh jajaran pengurus PMI, mulai dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota dan bahkan kecamatan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, bahwa perlu adanya upaya-upaya terpadu dan terkoordinasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya, terutama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial secara berjenjang, serta Perangkat Daerah terkait.

Penulis: Cnb2
Editor: alfrid u gara