Periode Januari-Oktober 241 Kasus DBD di Kota Palangka Raya 

PALANGKA RAYA,Canalberita-Sebanyak 241 kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Palangka raya selama periode Januari-Oktober 2023. Artinya terdapat 24 kasus DBD dalam setiap bulannya di tahun 2023.

“Dari awal Januari hingga 17 Oktober 2023, jumlah kumulatif kasus DBD mencapai 241 kasus, dengan satu kasus kematian,” beber Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, drg. Andjar Hari Purnomo, Jumat, 20 Oktober 2023.

Andjar mengajak masyarakat mencegah penyebaran DBD dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan menerapkan 3M plus. “Menutup wadah penampungan air, menguras bak mandi, mendaur ulang barang bekas, menggunakan larvasida di tempat penampungan air yang sulit dibersihkan,” katanya.

Lebih lanjut dia mengajak, untuk menghindar gigitan nyamuk aedes aegypti yang membawa virus dengue penyebab penyakit DBD tersebut, agar asyarakat menggunakan obat atau perangkap nyamuk, tidur dengan kelambu, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk.

“Kemudian perlu mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, serta menghindari menggantung pakaian di dalam rumah yang dapat menjadi tempat beristirahat nyamuk,” pesannya.

editor: cnb
penulis: alfrid u gara