Tugboat dan Kapal Dagang di Barsel Terbakar, 3 Meninggal dan 10 Orang Hilang

 PALANGKA RAYA,CanalBerita–Tugboat Surya 03  dan Kapal Dagang Setya Baru 05 dilaporkan mengalami kebakaran di Desa Kalanis, Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Dalam peristiwa kebakaran tersebut, 10 orang dinyatakan hilang. Masing-masing Anak Buah Kapal (ABK)  Tugboat Surya 03 sebanyak 8 orang  dan  ABK Kapal Dagang Setia Baru 05 sebanyak 2 orang. Sementara korban yang selamat,  1 orang dari Tugboat Surya 03 dan 3 orang dari Setia Baru 05.

“Namun dilaporkan pada pukul 16.30 WIB, dari 3 orang ABK Setia Baru 05 yang selamat 1 orang dinyatakan meninggal akibat luka bakar dengan kondisi di atas 50 persen,” jelas Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Erlan Munaji pada Selasa, 14 Mei 2024.

Lebih lanjut Erlan Munaji mengungkapkan, Tugboat Surya 03  memilik 9 orang crew, 2 diantaranya dipastikan meninggal dunia. “Setelah dilakukan upaya pendinginan di kapal tersebut, ternyata ditemukan 2 orang yang terbakar di bagian atas kanan kapal. Sementara 6 orang crew lainnya saat ini masih dalam pencarian,” ungkapnya.

Detik-detik terbakarnya kapal tugboat Surya 03 Terbakar. (Foto: Tangkapan layar dari video peristiwa yang beredar di Medsos)

 

Saat ini tim gabungan dari Polri, TNI, Basarnas dan masyarakat sekitar masih melakukan pencarian korban yang belum ditemukan. Sementara terkait penyebab kebakaran, Erlan Munaji menyebutkan masih, karena saat ini tim gabungan  masih mencari saksi-saksi kejadian.

“Korban yang selamat saat ini dirawat di RS Tamiyang Layang dan belum bisa memberikan keterangan. Tim penyidik gabungan masih berupaya melakukan penyelidikan di lapangan untuk mencari bukti dan informasi lebih lanjut,” tukasnya.

 

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara