BMKG Memprediksi Puncak Dampak El Nino Terjadi Pada September, Oktober Sejumlah Wilayah Kalimantan Tengah Sudah Diguyur Hujan

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Sejumlah daerah di Kalimantan Tengah akhirnya diguyur hujan pada Senin 9 Oktober 2023. Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprediksi puncak dampak El Nino akan terjadi pada Agustus-September 2023.

Sementara hasil monitoring hingga pertengahan Juli 2023, sebanyak 63% dari zona musim telah memasuki musim kemarau. Seperti yang terjadi di wilayah Kalimantan Tengah.

Berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG Kalimantan Tengah yang berlaku hari ini, Senin, 9 sampai dengan Rabu, 10 Oktober 2023  hujan intensitas sedang, hingga lebat akan terjadi di sejumlah daerah  di Kalimantan Tengah.

“Waspada potensi hujan itensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang  di Kabupaten Katingan bagian Utara, Gunung Mas, dan Murung raya,” mengutip laman web resmi BMKG Kalimantan Tengah, Senin 9 Oktober 2023.

Sedangkan ada Rabu, 11 Oktober 2023 diperkirakan hampir di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah diperkirakan berawan. Hanya di Kabupaten Suamara, Lamandau dan Kotawaringin Baarat yang diperkiraan berasap.

“Waspada potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah. Diimbau kepada masyarakat  agar tidak melakukan pembakaran lahan untuk tujuan apapu,” pesan BMKG Kalimantan Tengah.

penulis: cnb
editor: alfrid u gara