Kejuaraan Pencak Silat Gubernur Cup Akan Digelar Oktober Mendatang

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Ketua Umum Pengurus Provinsi  Ikatan Pencak Silat Indonesia Kalimantan Tengah (Pengprov IPSI Kalteng) Dr. Guntur Talajan, SH, MPd mengatakan,  Kejuaraan Pencak Silat Gubernur Cup sudah dijadwalkan akan digelar sekitar bulan Oktober 2023 mndatang. Pelaksanaan kegiatan tersebut bertepatan juga dengan momentum penting nasional, yakni Hari Sumpah Pemuda ke 95 Tahun 2023.

Kepastian tersebut dikemukakan Guntur saat menerima kunjungan konsolidasi dari  Ketua Bidang Seni Budaya Pengprov IPSI Kalteng, Dreiyano L. Lindan, SP yang juga sebagai Pelatih/Juri Nasional Pencak Slat Seni dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Perguruan Betang Main Kuntau Bangkuy Salamat Kambe (KBSK) Kalteng-Suhu Yansyah di kediamannya, pada Jumat 7 Juli 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Guntur menyatakan dukungannya jika dalam waktu dekat IPSI Kalteng bisa laksanakan kembali Penataran bagi Pelatih Juri Pencak Silat Seni secara mandiri/swadana. ” Jika jumlah calon peserta dari perguruan – perguruan Pencak Silat Tradisional Kuntau Dayak se Kalteng bisa memenuhi kouta atau biaya mininal kegiatan, IPSI Kalteng akan siap laksanakan Penataran,” ucap Guntur.

Sekedar diketahui bahwa anggaran untuk kegiatan Pusat Pelatihan Laga Tanding, Penataran Pelatih dan Wasit/Juri Laga Tanding serta Penataran Pelatih Juri Pencak Silat Seni baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional memang anggarannya tidak tersedia dan bahkan hampir tidak pernah dianggarkan oleh pihak leading sektor teknis terkait baik Pusat maupun daerah.

penulis: Dry
editor Alfrid U Gara