Faridawaty Darland Atjeh: Waspada Hoaks Menjelang Pemilu

PALANGKA RAYA ,CanalBerita– Wakil Ketua III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Faridawaty Darland Atjeh mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap isu atau kabar bohong jelang pemilihan umum (Pemilu) berkumpul pada tahun 2024 mendatang.

Dia menjelaskan, pada tahun politik berita hoaks kerap dimunculkan oleh oknum tidak bertanggung jawab, melalui media sosial atau media lainnya, sebagai upaya memecah kondusivitas di tengah masyarakat melalui informasi provokatif yang disebarkan.

“Masyarakat harus cermat dan betul-betul mengungkapkan setiap informasi yang diterima, apalagi jika informasi tersebut sifatnya negatif maupun provokatif,” katanya melalui rilis yang diterima pada Senin, 1 Mei 2023.

“Seiring perkembangan teknologi dan kemudahan akses dalam memperoleh informasi, isu maupun berita hoax pastinya juga akan bermunculan terutama menjelang pelaksanaan Pemilu, terutama pada platform media sosial,” sambungnya.

Ia juga meyakini, bahwa seluruh masyarakat di Kalteng mampu mengungkap informasi yang beredar di media sosial, serta memberikan edukasi kepada orang lain untuk bersama-sama menekan penyebaran berita hoaks.

“Saya yakin masyarakat bisa mengungkap informasi yang beredar di media sosial. Namun, kami tetap mengingatkan agar masyarakat tetap hati-hati dan tidak lengah. Tetap lakukan konfirmasi atau crosscheck secara mendalam terlebih dahulu, supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan seperti jerat hukum melalui Undang-Undang ITE,” jelasnya.

Penulis: hdi/bs
Editor: alffrid u. gara