Setelah Penantian Panjang 27 Tahun, Kota Palangka Akhirnya Raih Piala Adipura

PALANGKA RAYA,Canalberita- Pemerintah Kota Palangka Raya merupakan satu-satunya di antara kabupaten/kota se Kalimantan Tengah yang  berhasil meraih penghargaan anugerah Adipura Tahun 2022 untuk kategori Kota Sedang.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Palangka Raya Fairid Naparin  yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Sitti Nurbaya di Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Dalam kesempatan itu, Walikota Palangka Raya  menyampaikan bahwa penghargaan Adipura diperoleh tidak lepas dari peran Pemerintah serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah.

“Selama ini sebenarnya upaya sudah bagus akan tetapi untuk mendapatkan adipura ini bukan hanya proses mengangkut sampah dari masyarakat di pinggir jalan kemudian dibawa ke TPA. Selama ini persepsinya seperti itu,” ucap Fairid.

Pihaknya terus-menerus belajar untuk memahami bagaimana sistem pengelolaan sampah tersebut. “Ternyata penilaian terbesar itu ada di TPA, kemudian bagaimana sistem pengelolaan sampahnya, pemberdayaan masyarakat, serta pengurangan sampah timbulan,” terang Fairid.

Seperti diketahui,  pada tahun ini merupakan satu-satunya kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan Adipura untuk wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Dan Kota Palangka Raya meraih Adupura setelah penantian panjang selama 27 tahun.

Penulis: cnb
Editor:alfrid u. gara