Pawartos Bangun Sinergitas dengan Fordayak

PALANGKA RAYA, CanalBerita–Dalam rangka membangun sinergitas dan silaturahmi serta memperkenalkan Perkumpulan Warga Jawa Perantau Solawasih (Pawartos), maka melaksanakan kunjungan ke Sekretariat Dewan Pimpinan Pusat Forum Pemuda Dayak (DPP Fordayak), 05/01/2023.

Ketua Umum Pawartos Pujo Harianto bersama 10 orang pengurus menyampaikan dalam pertemuan bahwa silaturahmi ini untuk memperkenalkan Pawartos yang telah didirikan pada tanggal 04 September 2022 di Propinsi Kalimantan Tengah Bumi Pancasila ini, supaya perkumpulan ini dapat diterima dan bisa bekerjasama untuk membangun Kalimantan Tengah serta dapat berdampak positif bagi semua umat.

Tambah Pujo bahwa kedatangan mereka melanjutkan kunjungan koordinasi dengan Ormas Dayak di Kalimantan Tengah ini agar dapat diterima keberadaan mereka dan bisa bekerjasama sesuai dengan potensi yang dimiliki dan saat ini telah membina beberapa Usaha Mikro Menengah (UMKM) di Kota Palangka Raya ini.

Theo Virgen Lambung Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Forum Pemuda Dayak Kalimantan Tengah (DPW Fordayak Kalteng) menyampaikan berterima kasih karena Pengurus Pawartos mau berkunjung ke sekretariat Fordayak dan mau berbagi tentang pemberdayaan terutama pengelolaan Unit Usaha Mikro Menengah (UMKM) yang mereka bina.

Selanjutnya Theo menambahkan bahwa kita berharap pertemuan ini tidak hanya serimonial namun dapat berkelanjutan untuk dapat bersama membangun sinergitas terutama menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) membantu Polri dan TNI terutama melawan peredaran Narkoba, Radikalisme dan Teror agar kondisi Kalteng Bumi Pancasila ini tetap kondusif.

Koordinator Humas DPP Fordayak Bakti Yusuf Irwandi menyampaikan bahwa sampai pada saat ini Fordayak tetap konsisten untuk mengcounter issue Sara (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) untuk kepentingan golongan karna Kalteng ini beragam yang selalu bersama dari berbagai perbedaan dan hal ini menjasi tugas kita bersama.

Lanjut Bakti selain melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial Fordayak juga telah membentuk Koperasi sebagai unit usaha agar roda organisasi bisa berputar dan memberdayakan Pemuda Dayak dan Pemuda Lokal (Non Dayak) untuk dipekerjakan di beberapa kemitraan Fordayak dengan perusahaan di Kalimantan Tengah ini supaya tidak hanya sebagai penonton namun dapat terlibat secara langsung.

Hadirnya Fordayak selain fokus terhadap menjunjung tinggi harkat dan martabat juga melakukan pembelaan terhadap Masyarakat Dayak yang tertindas dengan membuka Pengaduan Masyarakat (Dumas) dimana Dumas ini tidak hanya diberlakukan terhadap Masyarakat Dayak tapi juga masyarakat non dayak karna Fordayak ada buat semua umat, tutup Bakti

Ditempat Terpisah Bambang Irawan Ketua Umum DPP Fordayak yang sedang berada di Jakarta mengurus Kemitraan Koperasi Fordayak Merah Putih menyampaikan melalui Video Call mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pawartos dan kita berharap kedepan bisa menjalin kerjasama dalam kegiatan-kegiatan sosial dan agar bisa saling membantu dalam rumpun Huma Betang.

“Semoga kita bisa saling berkoordinasi dan bersama dalam membangun Kalimantan Tengah menjadi lebih baik dan kita diberikan perlindungan,” tutup Bambang.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut Leles Imanuel Bendahara Umum DPP Fordayak, Fung Soma Sekretaris DPW Fordayak Kalteng, Sameon S. Siwung Bendahara DPW Fordayak Kalteng, Yulisae Limin Bendahara DPD Fordayak Palangka Raya dan Beno Santoso Kasat Pam Fordayak.

Sumber: RilisForDayak
Editor: Alfrid U. Gara