Kades Harus Mampu Ayomi Masyarakatnya

KUALA PEMBUANG, Canal Berita — Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan, jika salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh seorang kepala desa (kades) adalah mampu menjadi pengayom bagi masyarakatnya.

Anggota DPRD Seruyan Rudi Hartono mengatakan, seorang kades tentunya memiliki peran untuk menampung dan menerima serta membantu semua aspirasi masyarakat yang ada di wilayahnya.

“Seorang kades itu harus mampu mengayomi masyarakatnya, menampung serta menerima aspirasi, jika ada yang sedang mengalami kesulitan atau ada suatu permasalahan yang terjadi, kades juga harus hadir,” katanya, Senin, 23 Oktober 2022.

Ia mengatakan, dirinya sendiri juga cukup paham betul mengenai tugas dan fungsi seorang kades, mengingat sebelum dipercaya menjadi perwakilan rakyat di lembaga DPRD, dirinya sempat mengabdikan diri sebagai seorang kades.

“Disamping itu, yang tidak kalah pentingnya adalah bacalon kades itu harus paham betul dengan potensi desa, baik itu Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga dia sudah punya rencana dan eksekusi yang akan dilakukan untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakatnya,” ungkapnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan beritasampit.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, 
grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab beritasampit.co.id.