Diduga Cuaca Buruk, Pesawat Citilink Tujuan Sampit-Surabaya Mendarat Darurat

SAMPIT, Canal Berita — Pesawat ATR Citilink tujuan Sampit – Surabaya pada Minggu, 23 Oktober 2022 kemarin mendarat darurat di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali diduga karena cuaca yang buruk.

Pesawat tersebut bertolak dari Bandar Udara H Asan Sampit sekitar pukul 14.00 WIB, namun karena cuaca buruk pesawat sempat berputar-putar di atas laut Jawa beberapa kali selama beberapa menit sebelum akhirnya mendarat.

Seorang petugas otoritas Bandar Udara H Asan Sampit yang enggan menyebutkan identitasnya membenarkan kejadian tersebut, namun para penumpang di dalamnya yang diketahui ditumpangi oleh siswa-siswi kelas tujuh SMP IT Arafah Sampit dan Wakil Bupati Seruyan Hj Iswanti dalam keadaan selamat.

“Iya benar kemarin karena cuaca buruk sehingga merubah rute pendaratan sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan,” kata pria petugas otoritas bandara. Senin, 24 Oktober 2022.

Sementara itu, Hj Iswanti saat dikonfirmasi mengatakan dirinya mengantarkan sang anak ke Kampung Pare untuk berkegiatan dalam sepekan ke depan bersama rombongan sekolah.

“Karena cuaca jelek kita tidak bisa mendarat dan di atas masih berputar-putar selama tiga puluh menit. Karena tidak bisa mendarat akhirnya diputuskan landing ke Denpasar,” beber Iswanti.

Dirinya mengaku pusing akibat terlalu lama berada di dalam pesawat, dan berhasil mendarat di Surabaya sekitar pukul 19.00 WIB. Dalam situasi di atas pesawat sebelum mendarat di Bali, Iswanti menuturkan bahwa semua orang tua panik, namun tidak ada yang menangis.

“Tetapi banyak yang mual dan pusing, suasana saat itu tegang, namun pada saat landing di Surabaya semuanya senang,” demikiannya.

(CNB/JmyBS)