Cegah stunting, Anggota Dewan Harapkan Sosialiasi Pemenuhan Gizi Anak Digencarkan

PALANGKA RAYA,canalberita.com-Dalam rangka mencegah stunting  pada anak-anak khususnya di Kalimantan Tengah diupayakan dengan  menggencarkan  sosialisasi dan edukasi pemenuhan gizi anak. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tegah Siswandi.

Wakil rakyat ini menjelaskan,  stunting merupakan salah satu persoalan kesehatan yang harus dapat terus diperhatikan pemerintah melalui instansi terkait, sebab stunting ini bisa terjadi salah satunya karena akibat kekurangan gizi pada anak.

“Maka dari itu sangat penting bagi pemerintah agar dapat terus mensosialisasikan pemenuhan gizi anak ini, dengan demikian masyarakat khususnya para ibu supaya dapat memahami betapa pentingnya gizi anak terpenuhi,” ujarnya, Selasa, 20 September 2022.

Lebih lanjut ia menjelaskan,  dalam melaksanakan sosialisasi terkait hal itu. Instansi terkait harus bisa melakukannya secara merata hingga wilayah-wilayah pelosok wilayah Kalimantan Tengah. Pasalnya, selama ini kasus stunting banyak dialami oleh anak-anak yang berada di wilayah pedesaan atau terpencil.

” Saat melaksanakan reses beberapa waktu lalu ke Kabupaten Murung Raya, ditemukan sekitar 17 orang di Desa Purnama, Kecamatan Permata Intan yang mengalami stunting atau gangguan pertumbuhan,” jelasnya.

Oleh karenanya ia berharap,  bahwa sosialisasi sangat perlu dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mencegah stunting. “Saya harap dengan sosialisasi masyarakat bisa selalu waspada dan dapat memenuhi kebutuhan anak terutama dari segi gizi,” harapnya.

“Untuk mendukung ini pemda harus bisa mendorong petugas kesehatan yang ada di kabupaten, kecamatan, hingga desa agar melaksanakan sosialisasi tersebut secara berkesinambungan,” timpalnya.

 

(RedCNB)