Tingkatkan Pengelolaan Aset Pemko

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Ada Beberapa aset yang dimiliki Pemerintah Kota Palangka Raya yang hingga kini belum maksimal pengelolaannya, mendengar dan melihat hal itu Kalangan anggota dewan meminta pemerintah bisa memaksimalkan pengelolaannya sehingga menjadi PAD bagi daerah.

Sekretaris Komisi B DPRD Palangka Raya Reja Framika menyebutkan, ada 3 aset milik pemerintah Kota Palangka Raya yang pengelolaannya belum optimal, yakni berupa pasar, tiang baliho hingga bangunan gedung serba guna.

“Pengelolaan aset sangat perlu, karena sedikit banyaknya aset yang dimiliki saat ini merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD). Maka dari itu pengelolaannya sangat diperlukan,” ucapnya saat berbincang, Selasa (2/8).

Dia juga berharap pemerintah daerah dapat mengoptimalkan pengelolaan aset yang dimiliki tersebut agar bisa memberikan keuntungan bagi daerah. Caranya dikelola oleh profesional dengan mengandeng pihak ketiga agar menghasilkan PAD.

“Aset-aset yang ada jangan sampai menganggur, tapi harus dikelola secara profesional agar mampu memberikan keuntungan, sebab apabila dibiarkan begitu saja akan menjadi barang tak guna, yang mengakibatkan kebocoran PAD,” katanya.

Menurutnya, pemerintah perlu menyiapkan instrumen yang tepat untuk melakukan pengelolaan aset daerah secara profesional, transparan, akuntabel, efesien dan efektif mulai dari tahap perencanaan, pendistribusian dan pemanfaatan serta pengawasannya.

“Untuk ini pemko memerlukan strategi perencanaan yang baik serta tepat sasaran dalam pelaksanaannya sehingga aset daerah dapat menjadi salah satu sumber penggerak ekonomi dan PAD,” ujarnya.

Dia menilai, aset yang menganggur malah akan memberikan biaya perawatan dibandingkan pendapatan. Sebab itu pemerintah mesti mencari cara agar semua aset dikelola dan bisa memberikan keuntungan. (k1)