Lapas Palangka Raya Rawat dan Rolling Gembok Kamar WBP

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Lembaga Pemasyarakatan atau disebut Lapas Kelas IIA Palangka Raya melalui Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) kembali melakukan peremajaan fasilitas keamanan dan ketertiban, yaitu dengan perawatan dan rolling seluruh gembok kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (8/8/2022).

Gembok merupakan salah satu sarana penting dalam keamanan dan ketertiban pada Lapas maupun Rutan. Oleh karena itu, perawatan dan rolling secara berkala sangat perlu dilakukan sebagai deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban seperti pelarian.

Pada kesempatan ini, seluruh gembok tersebut dikumpulkan menjadi satu lalu dilakukan pemeriksaan secara mendetail oleh para anggota jaga dan diawasi secara langsung oleh Kepala KPLP, Meldy Putera. Gembok tersebut lalu diberikan pelumas agar tidak berkarat dan mudah digunakan.

Setelah itu, dilakukan penukaran posisi gembok berdasarkan daftar rolling gembok yang sudah disiapkan oleh pihak KPLP.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Palangka Raya, Meldy Putera menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan secara rutin dilakukan dengan tujuan untuk deteksi dini demi mencegah gangguan keamanan dan ketertiban.

“Deteksi dini merupakan salah satu dari tiga pilar Pemasyarakatan yang harus dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab terutama dalam setiap unsur-unsur keamanan dan ketertiban. Dengan melaksanakan perawatan dan rolling gembok minimal satu kali dalam sebulan ini diharapkan Lapas Palangka Raya menjadi aman dan kondusif,” ungkap Meldy.

Selanjutnya, Chandran Lestyono selaku Kepala Lapas Palangka Raya, juga terus mengingatkan kepada seluruh pegawai Lapas Palangka Raya agar tetap berkomitmen dalam melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban dengan berbagai upaya yang nyata.

“Kita akan terus berkomitmen melaksanakan berbagai upaya deteksi dini demi mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban. Kerja sama dan kekompakkan seluruh petugas Lapas Palangka Raya juga merupakan salah satu hal yang dapat memperkuat keamanan,” tegas Chandran. (CNB/*)