Tumpukan Sampah di Sampit Ganggu Aktivitas Masyarakat

SAMPIT, Canal Berita — Tumpukan sampah hingga berceceran di jalan memberikan pemandangan yang tidak biasa kepada masyarakat yang lewat. Sampah meluber sampai di atas jalan bahkan menganggu aktivitas pengguna jalan.

Tepatnya, sekitar 200 meter masuk di Jalan Jaksa Agung R Soeprapto, pertigaan Jalan Tjilik Riwut Sampit atau jalur yang menuju tembusan ke arah lingkar utara Kota Sampit.

Berdasarkan pantauan dari beritasampit.co.id, lokasi di pinggir jalanya didominasi oleh sampah rumah tangga yang dibungkus dengan kantong plastik, popok bekas, kertas yang bercampur baur dengan batang-batang pohon.

Menurut seorang warga yang lewat, Dani menjelaskan, sudah sejak lama warga sudah terbiasa membuang sampah di pinggir jalan tersebut, karena memang merupakan tempat pembuangan sampah sementara dari masyarakat sekitar.

Kalau lama saja petugas kebersihan tidak ada, akan ada kayak gini, disini juga tempat sampah tidak ada,” ujar Dani.

Dia menyayangkan karena masyarakat membuat sampah sembarangan sehingga berceceran di atas jalan. Lanjutnya, andai di pinggir jalan itu bisa dimaklumi, tapi terkadang meluber di atas jalan.

Kadang ada sampah di atas jalan, kesadaran kita tidak ada sama sekali, andai di pinggir jalan itu bisa dimaklumi mungkin,” pungkasnya.

Diketahui jalan Jaksa Agung R Soeprapto, merupakan jalan yang diresmikan tahun 2021 yang lalu, oleh Bupati Kotim Halikinnor bersama Kepala Kejaksaan Negeri Kotim Erwin Purba dan jajarannya. (BS/CNB)