Atasi Masalah Sampah, Pemkab Kotim Wacanakan Pengadaan 2 Unit Loader

SAMPIT, Canal Berita — Untuk mengatasi permasalahan sampah, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, telah mewacanakan pengadaan 2 unit mobil loader yang nantinya akan disiagakan membantu mengangkut sampah di Depo-Depo yang ada di Kota Sampit.

Bupati Kotim Halikinnor mengungkapkan, bahwa persoalan sampah setiap hari semakin banyak, apa lagi dengan banyaknya berdiri perumahan-perumahan baru sehingga secara otomatis akan menghasilkan sampah-sampah yang begitu besar.

Untuk mengatasi itu, kita memprogramkan melalui DLH pada anggaran perubahan nanti, insya allah kita akan mengadakan loader, minimal 1 unit Kecamatan MB Ketapang dan 1 unit lagi di Baamang,” kata Halikin saat meninjau langsung salah satu Depo Sampah yang ada di jalan Tatar Sampit, Kamis 21 Juli 2022.

Adanya alat tersebut proses pengangkutan sampah akan lebih efektif, cepat dan maksimal. Meski demikian Pemda juga tetap membutuhkan tenaga kebersihan yang bertugas membersihkan sisa-sisa sampah di depo untuk diangkut.

Kedepan jika sampah bisa terangkut setiap hari dengan baik, maka depo tidak akan seperti ini, nanti kalau tidak ada sampah kita usahakan untuk dibersihkan,” jelasnya.

Untuk membersihkan depo-depo tersebut, DLH akan bekerjasama dengan Damkar Kotim, dengan cara disemprot, sehingga kondisi depo tetap bersih, nyaman dan tidak bau.

Penyemprotan nantinya ada semacam jenis kimia khusus digunakan yang bisa menghilangkan bau dan juga lalat,” ucapnya

Makanya kita buat depo ini ada taman, maksudnya agar masyarakat yang masuk kesini kesannya masih nyaman dan tidak mencium bau atau menjijikan, namun menganggap tempat yang biasa,” sambungnya.

Halikin menambahkan, tahun 2022 ini Pemkab akan membangun pabrik pengolahan limbah medis dan umum, dengan tujuan sampah bukan lagi menjadi momok, namun diolah menjadi limbah yang menguntungkan.

Seperti yang saya katakan dulu, musibah sampah menjadi berkah, bahkan nanti ada orang yang mencari sampah untuk dijual karena itu punya nilai ekonomi. Doakan insya allah bisa berjalan sesuai dengan rencana kita,” pungkasnya. (BS/CNB)