Perlu Adanya Dukungan Untuk UMKM Naik Tingkat

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), memerlukan dukungan banyak pihak, agar dapat berkembang. Baik dukungan berupa penguatan modal usaha, edukasi atau pelatihan/pendidikan, maupun dukungan bimbingan lainnya.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin peran banyak pihak diperlukan. Baik itu melalui instansi terkait, Masyarakat, organisasi dan semua elemen masyarakat diharapkan mampu memainkan fungsinya dalam membantu UMKM untuk naik tingkat.

“Salah satunya adalah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dapat berinovasi membimbing UMKM agar dapat bersaing hingga naik tingkat. Karena bagaimanapun juga UMKM yang kita miliki saat ini merupakan salah satu pendapatan daerah yang perlu juga di perhatikan dan di kembangkan,”ungkap Fairid, Kemarin.

Sejauh ini ia melihat masih banyak sektor-sektor ekonomi yang bergantung pada bahan baku dan produk dari luar. Bahkan bukan hanya produk kesehatan, tapi juga sektor pangan, industri, jasa dan teknologi.

“Peran semua lembaga terkait sangat penting untuk terlibat aktif dalam berinovasi. Bagusnya lagi bila semua HIPMI mampu memadukan pengusaha makro untuk berbagi ilmu dengan pengusaha mikro,” katanya lagi.

Terlepas dari itu semua tambahnya Fairid, maka momentum pasca pandemi ini perlu dimanfaatkan untuk menata dan memperkuat perekonomian yang lebih mandiri dan berkedaulatan serta berdaya saing. Kini sudah saatnya kata dia, perlu dilakukan pergeseran perekonomian dari daerah yang konsumtif menjadi produktif.

“Disisi lain perlu dilakukan pergeseran pula dari daerah yang bertumpu pada sumber daya alam (SDA), beralih ke daerah berbasis teknologi dan inovasi, dari daerah biasa menjadi daerah dengan penguasaan teknologi tinggi,” pungkasnya. (k1)