Cuaca Buruk, Polisi Minta ABK Kapal Lebih Waspada

PANGKALAN BUN, Canal Berita — Provinsi Kalimantan Tengah berpotensi mengalami cuaca buruk, yaitu hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir.

Maka berpengaruh terhadap tingginya gelombang laut, maka dari itu personel Ditpolairud Polda Kalteng melalui KP Pol XVIII-2004 kembali memberikan imbauan kepada Anak Buah Kapal (ABK) Niaga untuk waspada terhadap cuaca buruk, Senin 18 Juli 2022.

Hal itu dilakukan melalui kegiatan Pemolisian masyarakat (Polmas) perairan oleh Personel KP Pol XVIII-2004 di Derah Aliran Sungai Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Dalam kegiatan tersebut Bharaka Briyan memberikan imbauan kepada ABK Niaga terkait cuaca buruk, agar lebih berhati-hati saat melakukan pelayaran.

“Kami mengingatkan ABK Kapal Niaga yang melintas di DAS Kumai ini agar lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitasnya dilaut guna menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Dirpolairud Polda Kalteng, Kombes Pol Boby Pa’ludin Tambunan melalui Komandan Kapal XVIII-2004, Brigadir Novanto.

Dirinya juga meminta kepada semua ABK mematuhi standar operasional kapal dan tidak melaut apabila cuaca dalam keadaan buruk.

“Kami mengimbau untuk tetap memperhatikan informasi cuaca yang telah dikeluarkan oleh pemerintah, serta untuk melengkapi alat keselamatan diatas kapal,” pungkasnya. (CNB1)