15 Jabatan Fungsional Berasal Dari 1 Sekretariat DPRD dan 5 SOPD Dilantik

KASONGAN, Canal Berita — Bupati Katingan Sakariyas, melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji terhadap 15 orang pejabat hasil penyertaan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan, di aula kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) setempat, Senin 4 Juli 2022.

Turut hadir Sekda Katingan Pransang, Kepala BKPP Katingan Bambang Harianto, Perwira Penghubung Kodim 1015 Sampit/Kasongan, Kapolres Katingan, Kepala Kejasaan Negeri Katingan, sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), serta tamu undangan yang hadir.

Pelantikan pejabat tersebut diwakilan dari yang beragama Islam, Kristen, Hindu dan Katolik. Sementara penjabat yang dilantik lainnya hadir secara virtual atau zoo meeting dari ruang Dinas masing-masing.

Bupati Sakariyas, menyampaikan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

Karena pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik sehingga tetap berjalan dengan baik, terutama dalam kaitannya dengan kegiatan prioritas pembangunan,” jelasnya.

Dijelaskan, dengan dilantiknya pejabat hasil penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional. Maka diharapkan dapat mengoptimalkan perannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing yang telah diamanatkan, baik itu dengan jujur tertib cermat dan teliti berlandaskan pada prinsip nilai dasar kode etik dan kode perilaku berkomitmen, berintegritas serta profesional terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Perlu diketahui, dari 15 pejabat Fungsional tersebut berada di 1 Sekretariat DPRD Katingan yaitu atas nama Arya Utama Hadiahnu Leiden, jabatan sebelumnya sebagai analisis kebijakan ahli muda dan bergeser pada bagian perencanaan ahli muda.

Kemudian, pada 5 Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yaitu di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan ada sebanyak 4 jabatan yang bergeser yaitu dari jabatan Analisis Kebijakan Ahli Muda dan bergeser ke bagian Penataan Penanggulangan Bencana Ahli Muda yaitu atas nama nama Prima Wardhana Putra S, Agustinae Susantie, Fransisco Jacsen Bower, Andry dan Eka Suyanto.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan ada 1 jabatan yang bergerser yaitu atas nama Muhammad Shobir, yang sebelumnya bagian pengawasan lingkungan hidup ahli muda, dan bergeser pada pengendalian dampak lingkungan ahli muda.

Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian Dan Stastistik Kabupaten Katingan ada sebanyak 3 jabatan yang bergeser atas nama Indra Utama, Adrianta Yanto Bono dan Hero Saputra yaitu 2 jabatan analisis kebijakan ahli muda ke jabatan Pranata Humas Ahli Muda dan 1 Jabatan Manggala Informatika Muda.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdanganan Dan Perindustrian Kabupaten Katingan sebanyak 3 jabatan yang bergeser atas nama Agus Beni Parnama, Susangco, dan Teresa Oktaviani yaitu dari bagian penyuluhan perindustrian dan perdangangan ahli muda ke bagian pembina industri ahli muda.

Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan ada sebanyak 2 jabatan yang bergeser yaitu analisis kebijakan ahli muda ke penyuluhan pertanian ahli muda atas nama Sudarmaji. Kemudian jabatan pentawas benih tanaman ahli muda ke pengawas mutu hasil pertanian ahli muda atas nama Hudianson.

Perlu diketahui juga, pelantikan 15 Jabatan Pejabat Fungsional tersebut dibarengi dengan pelantikan jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yaitu Dr Robertus Pamuryanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan. Kini menjabat sebagai Kepala DP3AP2KB Katingan. (BS/CNB)