Wilayah Padat Penduduk Perlu Tambahan Fasilitas Kebersihan

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Fasilitas Kebersihan seperti bak sampah dan depo sampah masih dikeluhkan oleh sebagian masyarakat terutama yang berada di wilayah padat penduduk, seperti wilayah Kecamatan Pahandut. Contohnya yang masuk Kelurahan Panarung masih, luas wilayah dan padatnya penduduk tidak di imbangi dengan fasilitas kebersihan.

Menyikapi hal tersebut Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Neni Andriani Lambung, meminta kepada pemerintah kota untuk menambah beberapa fasilitas kebersihan di wilayah padat penduduk dengan wilayah yang sangat luas.

“Kelurahan Panarung misalanya, karena saya masuk wilayah itu jadi tau, kalau masih ada beberapa titik yang kurang adanya depo sampah, seperti Jl Kecipir, Lamtoro Gung, Seputaran Bandara estate, wilayahnya luas namun bak sampah dan depo masih minim,” ungkapnya saat dibincangi, Kamis (16/6).

Maka dari itu lanjutnya, selain peningkatan infrastruktur, pemko juga perlu melihat beberapa fasilitas penunjang masyarakat lainnya, salah satunya depo sampah, bak sampah dan beberapa fasilitas lainnya.

“Terkadang masyarakat masih membuang sampah sembarangan dengan alasan jauh bak sampah, hal seperti ini yang perlu bersama dievaluasi agar tidak ada lagi permasalahan sampah di Kota Palangka Raya untuk kedepannya,” ungkapnya.

Selain itu juga, Srikandi PDI Perjuangan ini, meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena dampak yang ditimbulkan sering terjadi saat ini seperti banjir akibat luapan drainase dan mudahnya penyakit berkembang biak.

“Saya pribadi berharap kita semua bisa bersama menjaga kebersihan lingkungan, apabila lingkungan bersih maka banyak manfaat yang kita dapatkan, salah satunya adalah kesehatan keluarga kita dari segala macam penyakit yang bisa menyebar melalui lingkungan yang kotor dan kurang sehat,” ungkapnya. (BS/CNB)