Terapkan PHBS Untuk Mengindari Penyakit Musiman

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Cuaca saat ini kurang bersahabat, karena perubahan cuaca yang sering terjadi memungkinkan menurunnya daya tahan tubuh dalam menghadapi segala macam virus yang bisa menyebabkan penyakit. Selain itu juga lingkungan yang kurang sehat menjadi faktor pendukung merebaknya penyakit.

Untuk itu, Anggota Komisi C DPRD kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye mengatakan dengan penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) akan menekan penyebaran penyakit secara luas. Terutama di musim pancaroba seperti saat ini ketika cuaca akan mendung maupun panas hampir tidak dapat dideteksi.

“Saya yakin jika penerapan PHBS dilakukan secara individu maupun di lingkungan masyarakat maka penyebaran penyakit bisa antisipasi. Karena pada dasarnya pola hidup sehat sangat penting bagi kesehatan keluarga,” kata Anna saat berbincang, Rabu (29/6).

Menurut Anna, perlu disadari bahwa menjaga kebersihan lingkungan tentu memerlukan peran penting serta dukungan masyarakat di wilayah Palangka Raya. Tingkat kesadaran masyarakat sangat perlu untuk menjadikan lingkungan tetap bersih dan sehat.

“Dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat saja sebenarnya kita sudah membantu menjaga kebersihan. Apalagi kalau kita secara rutin membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal kita, di pastikan resiko penularan penyakit akan berkurang,” tuturnya.

Di tengah kondisi melawan Covid-19, maka dirinya mengingatkan agar masyarakat jangan sampai lalai akan timbulnya penyakit lain. Karena untuk kasus covid saat ini ada peningkatan tentunya masyarakat perlu waspada dan tidak mengabaikan dalam menjaga kesehatan diri.

“Sebab, sejumlah penyakit selalu muncul dalam musim peralihan. Untuk itu, pola hidup bersih sangatlah penting. bahkan saat ini saja di masyarakat sudah banyak muncul penyakit seperti batuk dan pilek, karena menurunnya imun tubuh akibat kondisi cuaca yang kurang bersahabat, ” tutupnya. (k1)