Puskesmas di Palangka Raya Akan Buka Layanan KB Gratis

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah Kota Palangka Raya akan memberikan layanan Keluarga Berencana (KB) secara gratis kepada masyarakat.

Pelayanan KB gratis tersebut di inisiasi oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBP3APM) Kota Palangka Raya pada tanggal 15 Juni 2022 mendatang.

Dimana, pelayanan KB tersebut seperti pasang Implan, IUD, Pil, Suntik dan Kondom secara gratis. hal ini dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diperingati setiap tanggal 29 Juni tiap tahunnya.

Nanti tanggal 15 Juni semua Puskesmas yang ada di Kota Palangka Raya akan membuka layanan KB gratis,” kata Kepala DPPKBP3APM Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan, Senin 6 Juni 2022 kemarin.

Lebih lanjut dikatakan Sahdin, layanan ini hanya diberikan bagi masyarakat setempat yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Untuk mendapatkan layanan, warga dapat menghubungi Bidan, Kader dan Penyuluh KB sesuai domisili masing-masing.

Nanti layanannya dibuka mulai jam 9 pagi sampai jam 12 siang. Warga yang mau dapat pelayanan KB gratis ini bisa menghubungi bidan terdekat sesuai domisilinya saja,” tuturnya.

Dikatakannya, peringatan Harganas merefleksikan 4 konsep pendekatan ketahanan keluarga yaitu Keluarga Berkumpul, Keluarga Berinteraksi, Keluarga Berdaya, serta Keluarga Peduli dan Berbagi.

Selain itu menguatkan kembali Gerakan kembali ke meja makan dan delapan fungsi keluarga, agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, sosial pendidikan, reproduksi, sosial budaya, dan lingkungan.

Konsep ini sangat bermanfaat dalam menghadapi Era Industri 4.0 agar anggota keluarga tetap memiliki ketahanan dan tetap berinteraksi langsung di tengah pemanfaatan teknologi yang kian dikedepankan,” tutupnya. (BS/CNB)