PMI Sukmara Terus Berupaya Miliki Bank Darah

SUKAMARA, Canal Berita — Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sukamara, Rendy Lesmana mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk adanya bank darah di Bumi Gawi Barinjam. Pasalnya selama ini Kabupaten Sukamara masih belum memiliki bank darah, sehingga cukup menyulitkan jika ada pasien gawat darurat yang membutuhkan doroh darah secepatnya.

Kami sebagai pengurus yang baru dilantik memiliki beberapa program kerja, keinginan kami untuk memiliki bank darah,” kata Rendy Lesmana, Rabu 29 Juni 2022.

Menurutnya, jika selama ini PMI bekerja sama dengan RSUD Sukamara dalam hal penyimpanan darah, namun hal itu juga masih belum bisa maksimal, pasalnya darah yang disimp juga tidak bisa bertahan lama.

Kita bekerjasama dengan rumah sakit, kalau misalnya kita melakukan kegiatan donor darah, maksimal hanya 30 kantong saja dan itu pun hanya maksimal seminggu, karena itu kita jarang sekali mengelar kegiatan donor darah,” jelas Rendy.

Dijelaskan, jika selama ini pihaknya memanfaatkan media sosial untuk mencari pendonor sukarelawan jika ada kondisi pasien gawat darurat.

Kami selama ini memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi jika ada pasien yang membutuhkan darah bisa mendapatkan melalui jalur rumah sakit dan PMI,” tukas Rendy Lesmana. (BS/CNB)