Patung Pahlawan Tjilik Riwut di Katingan Roboh

KASONGAN, canalberita.com – Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang berada di Bundaran Kantor Bupati Katingan tiba-tiba roboh pada Jumat 17 Juni 2022 malam.

Bahkan medis sosial sendiri dihebohkan dengan robohnya patung Pahlawan Nasional Kalimantan Tengah tersebut. Karena patung berukuran besar tersebut hanya menyisakan potongan lutut, sedangkan lutut hingga sampai kepala jatuh kebawah.

Bahkan salah satu akun Fuazi Rahardin turut membagikan sejumlah foto Patung Pahlawan Tjilik Riwut yang roboh ke grub KABAR KATINGAN, sehingga banyak mendapat beragam komentar.

Ada yang mengatakan, Bangunan runtuh,karna konstruksi tdk sesuai dg bobot, sbg pembelajaran di kemudian hari biar lbh berhati hati dg bangunan2 yg memiliki bentuk/ rupa yg unik dan megah.

Dan juga, Semoga tidak pertanda buruk,,Tuhan sllu menjaga katingan yg kita cintai.

Serta, Sedih sebagai warga katingan,ini dulu sport tempat kumpulan anak2 muda Katingan zamannya saya ya waktu kuliah nongkrong dan olah raga kita tu ya di budaran ini,tiba2 melihat keadaannya begini,berarti tak terawat semoga monumen seperti patung2 pahlawan dan peninggalan zaman dulu di rawat dan di perbaiki lagi,biar bisa dikenang dan di ingat.

Dan masih banyak lagi komentar masyarakat terkait robohnya Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang berada di Bundaran Kantor Bupati Katingan.

Dari informasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan, Pransang yang mendapat informasi itu langsung menuju ke lokasi kejadian untuk melihat dan melakukan pengecekan pada Sabtu 18 Juni 2022 pagi tadi.

Dirinya mengatakan, walaupun secara teknis kurang tidak memahami, tetapi yakin dari Dinas PU yang mengerti teknis untuk diperintahkan melakukan pengecekan dilokasi. Hal ini juga sudah dilaporkan kepada Bupati Katingan paginya, sehingga tidak dibiarkan terlalu lama dalam kondisi tersebut agar bisa di bangun kembali.

“Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut ini dibangun pada tahun 2008 dan sudah termakan usia sebenarnya. Kalau sebenarnya dari kondisi patung masih bangus dan kuat, tetapi kelihatanya adalah konstruksi yang didalamnya yang terbuat dari besi yang menumpang berdirinya patung sudah dimakan usia dan akhirnya keropos serta berkarat,” jelasnya.

Dugaan sementara robohnya Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut akibat curah hujan dan angin kencang. Menang bangunan tersebut sudah cukup lama sehingga konstruksi kerangka baja mengalami keropos. (CNB1)