Kodim Palangka Raya dan KBT Satu Komitmen Menjaga Pancasila dan NKRI

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Kodim 1016 Palangka Raya menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Keluarga Besar TNI (KBT). Hal tersebut sebagai untuk meningkatkan harmonisasi hubungan antara dua belah pihak.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan tersebut mengusung tema “TNI AD dan Keluarga Besar TNI Satu Komitmen Menjaga Pancasila dan NKRI”, bertempat di Aula Makodim, Senin 13 Juni 2022.

Letkol Frans Kishin Panjaitan menyampaikan, Keluarga Besar TNI atau yang biasa dikenal dengan sebutan KBT, merupakan salah satu komponen terpenting yang dinilai mampu mendukung segala tugas pokok TNI di masyarakat. Kedekatan antara TNI dan KBT pun, dilakukan guna menjaga keharmonisan hubungan tersebut.

“Saya selaku Komandan Kodim meminta seluruh keluarga besar TNI menjadi contoh dan teladan bagi organisasi lainnya dalam hal menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan Komsos ini digelar sebagai ajang silaturahmi dan mempererat lagi komunikasi yang sudah terjalin sehingga dapat memberikan andil positif untuk menciptakan situasi keamanan yang kondusif bagi masyarakat khususnya di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas.

“TNI sebagai alat pertahanan negara memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” imbuh Dandim.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Dandim berpesan kepada semua yang hadir bahwa Komunikasi Sosial antara Prajurit TNI AD dengan Keluarga Besar TNI perlu dijaga dan terus ditingkatkan sehingga menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai Aspek kehidupan. (CNB1)