Gubernur Kalteng Berang Tegur Korindo di Pangkalan Bun

PANGKALAN BUN, Canal Berita — Gurbernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran tampak berang ketika menegur para Pimpinan PT. Korindo Ariba Bimasari (Korindo), lantaran Korindo yang membuka pengolah kayu menjadi Plywood sudah lebih dari 30 tahunan itu telah membuka lahan di sekitar pabrik di Pangkalan Bun untuk dikomersilkan menjadi perumahan mewah.

Sangat disayangkan kalau perusahaan PT Korindo yang telah memiliki hak pakai lahan misal untuk perkebunan, sekarang malah ada lahan kosong sekitar lokasi pabrik masing-masing luas 9 hektare dan 3 hektare, kini lahannya telah dibuka untuk dijadikan lokasi perumahan mewah komersil, benar itu sangat disayangkan,” tegas Sugianto kepada sejumlah pimpinan Korindo, disaksikan Kanwil Kehutanan dan Bappeda Provinsi serta PJ Bupati Kobar Anang Dirjo dan aparat Pemkab Kobar dan Provinsi, Jumat 3 Mei 2022 sekitar Pukul 15.30 WIB.

Gubernur menegur sejumlah pimpinan Korindo di Pangkalan Bun bukan karena marah. “Saya bukan marah nih, karena merasa prihatin saja, kalau lahan yang telah dibuka ini mau dijadikan perumahan komersil. Sebaiknya yang lahan Hak Guna Bangunan (HGB) seluas 13 hektar, dijadikan lahan untuk kepentingan umum, seperti sarana Pendidikan dan Kesehatan,” ujar Sugianto.

Tahapan Pilkada 2024

Menurut Sugianto, sarana pembangunan pendidikan seperti sekolah di Kelurahan Mendawai perlu ditingkatkan, karena jumlah penduduknya semakin padat. “Sebaiknya, pihak dinas terkait seperti Bappeda harus cepat tanggap tehadap lingkungan penduduk. Jadi jangan sembarangan memberikan izin untuk membangun yang bukan untuk kepentingan umum,” tutur Sugianto kepada sejumlah awak media.

Sementara pihak Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng yang mendampingi Gubernur, menyebut bahwa pemilik tanah yang pegang HGB harus memanfaatkan tanahnya untuk kepentingan umum, bukan untuk kepentingan pribadi perusahaan.

Terpisah Marsadi Manager Senior PT. Korindo Aria Bimasari saat dikonfirmasi beritasampit.co.id di sekitar lokasi yang dikunjungi Gubernur, mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memberi keterangan yang resmi.

Maaf sekarang ini, setelah Bapak Gubernur meninggalkan lokasi kami akan segera rapat dengan manajemen perusahaan. Nanti saja keterangan resminya menunggu hasil dari rapat manajemen,” jawab Masardi.

Untuk diketahui Gubernur Sugianto berada di Pangkalan Bun melaksanakan tugas kerjanya selama beberapa hari, terkait dengan Pj. Bupati Kobar baru Anang Dirjo. Dalam hal tersebut Gubernur perlu memberikan pengarahan kepada seluruh SOPD dan Camat, Lurah, Kades, Kepala Sekolah dan Damang. Gubernur bisa sampai langsung blusukan ke lokasi lahan yang dibuka Korindo untuk mencari kebenaran atas adanya laporan dari masyarakat. (BS/CNB)