Pasang Besar Rusak Rumah Warga di Pantai Kalap Ujung Pandaran Kotim

Sampit, Canal Berita — Sekitar 6 rumah warga yang ada di pantai Kalap, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, rusak parah akibat Rob atau pasang besar air laut beberapa waktu lalu.

Kepala Desa Ujung Pandaran Aswin Nur, saat di konfirmasi media ini membenarkan kejadian itu dan telah meninjau lokasi kejadian antara dusun yang berada di perbatasan Kabupaten Kotim dan Seruyan tersebut.

Kejadiannya hari Senin 23 Mei siang sekitar jam 12.00 Wib, titik lokasinya sungai Kalap Cabang perbatasan Kabupaten Kotim-Seruyan. Kalau untuk korban tidak ada,” kata Aswin.

Tahapan Pilkada 2024

Dijelaskan, rumah warga yang tergerus air laut yang pasang besar/Rob jaraknya sekitar 5 meter dari bibir sungai kalap cabang.

Ada bang 6 buah rumah warga yang rusak. Sementara warga yang rumahnya rusak kita pindahkan sementara di pondok ke arah sungai yang di dalam, supaya aman dan tidak kena abrasi,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Rihel, mengungkapkan Pemerintah Daerah telah menyalurkan bantuan kepada para korban berupa paket sembako dan juga beras.

Kita juga melakukan pendataan warga terdampak, infrastruktur, dana monografi desa, pengecekan lokasi kejadian, serta melakukan pemeriksaan kesehatan dan membagikan obat-obatan kepada warga dan pihak Desa sebagai persediaan obat,”pungkasnya. (BS/CNB)