Jalan Provinsi di 6 Desa 1 Kelurahan Wilayah Kotim Rusak Parah

CANALBERITA.COM – Jalan provinsi yang ada di sepanjang Jalan HM Arsyad wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), diperkirakan sejak 2020 hingga sekarang sudah banyak rusak parah.

Pantauan Berita Sampit, kerusakan jalan yang parah ada disekitar Desa Bagendang Hulu, Desa Bagendang Permai dan Desa Bagendang Hilir Kecamatan Mentaya Hilir Utara. Kemudian, sekitar Desa Jaya Karet, Desa Basirih Hilir, dan Desa Jaya Kelapa, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Kalau di wilayah kelurahan ada juga jalannya rusak parah yakni, Kelurahan Basirih Hilir tepatnya di depan masjid, lubang jalan rusak cukup lebar dan dalam,” ujar Iyan, salah seorang pengendara yang sering bolak-balik Sampit-Samuda, Minggu 10 April 2022.

Tahapan Pilkada 2024

Iyan menceritakan, jalan titik rusak paling parah ada di Desa Basirih Hulu dan Desa Jaya Kelapa. Pengendara harus ekstra hati-hati ketika melintas di jalan rusak yang ada di wilayah 2 desa tersebut.

Kalau siang masih enak melihat, yang sering saya alami itu ketika malam dan kebetulan hujan cukup deras, kalau tidak hati-hati bisa berisiko ban pecah atau bahkan bisa terpental,” ujar Iyan warga Samuda ini.

Senada disampaikan Zainal, pedagang pentol keliling ini menceritakan sudah ada korban jalan provinsi terutama yang ada di wilayah Basirih Hulu. Pengendara tabrak lubang langsung terpental.

Korban mengalami luka tangan dan kaki, sepeda motornya rusak dan langsung dibawa ke bengkel terdekat,” ujarnya.

Zainal mengimbau kepada pengguna jalan hendaknya ekstra hati-hati karena Jalan HM Arsyad tidak semulus sebelum mengingat jalan tersebut sering dilindas truk berbodi besar pengangkut kelapa.

Truk pengangkut kelapa yang kami anggap penyumbang jalan rusak di wilayah kami terutama di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan,” tegasnya. (BS/CNB)