Ini Sebab Permintaan Minyak Sawit Meningkat

 CANALBERITA.COM Akhir-akhir ini produsen minyak sawit dunia, Indonesia an Malaysia mencatat kenaikan ekspor, yang didukung oleh permintaan yang kuat dari olein sawit khususnya di Timur Tengah dan negara-negara dengan populasi Muslim yang besar untuk memenuhi permintaan yang meningkat menjelang bulan puasa Ramadhan, kata Sathia Varqa, salah satu pendiri Palm Oil Analytics yang berbasis di Singapura.

lebih lanjut kata dia, negara-negara seperti Mesir, Iran dan Arab Saudi yang biasanya bergantung pada minyak bunga matahari harus beralih membeli kelapa sawit untuk memenuhi permintaan musiman yang cukup tinggi.

Dilansir The Edge Markets, pasokan minyak bunga matahari global mulai seret paksa invasi Rusia ke Ukraina yang merusak infrastruktur pelabuhan serta mengganggu pasokan minyak nabati dari wilayah utama Laut Hitam, memaksa pembeli untuk mencari alternatif minyak nabati lainnya.

Tahapan Pilkada 2024

Kejadian tersebut juga mendorong harga minyak sawit ke rekor tertinggi dalam beberapa bulan terakhir, memicu pembatasan jatah permintaan di beberapa negara importir yang sensitif terhadap harga.

Pada bulan April, kenaikan produksi yang berkelanjutan dibantu oleh prospek cuaca yang baik akan menjaga harga di bawah tekanan, tetapi perilaku harga minyak mentah akan menjaga harga sawit tetap terkendali,” kata Varqa.

(sumber: infosawit.com)